Beranda Kutai Timur Tahun Ini Pemdes Se-Kutim Wajib Gunakan Siskeudes Versi 2.05 Online

Tahun Ini Pemdes Se-Kutim Wajib Gunakan Siskeudes Versi 2.05 Online

396 views
0

Penutupan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes Versi 2.05 Online Tahun 2023 di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, Jumat (10/2/2023). (ist)

SAMARINDA – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes Versi 2.05 Online Tahun 2023 berakhir Jumat (10/2/2023). Selain 228 peserta kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda sejak Rabu (8/2/2023) tersebut juga dihadiri para narasumber bimtek dan Smart Academy.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Yuriansyah mewakili Bupati saat penutupan menyampaikan harapannya setelah mengikuti Bimtek itu, ada tambahan peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta. Untuk membantu dan memudahkan tugas pengelolaan keuangan desa. Dengan menggunakan metode Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) secara online (daring).

“Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Tahun 2023 wajib menggunakan aplikasi Siskeudes 2.05 online. Diharapkan dengan beralihnya penggunaan aplikasi Siskeudes dari offline (luring, red) menjadi online, akan semakin meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengawasan keuangan desa. Sebagai upaya sistem pengendalian intern keuangan desa,” harap Yuri, sapaan karib Yuriansyah.

Kemudian, dengan adanya aplikasi Siskeudes berbasis online ini, diharapkan stakeholder terkait, seperti DPMDes, Inspektorat dan Kecamatan bisa memantau secara langsung update (terkini) dari penatausahaan dan progres pengelolaan keuangan desa. Karena maksud dan tujuan penggunaan aplikasi Siskeudes online antara lain adalah agar diperoleh data keuangan desa secara realtime dan update (waktu sebenarnya dan terkini). Kompilasi data lebih cepat, deteksi dini masalah keuangan di desa, trouble shooting bisa langsung diatasi, akses dapat dikunci sebagai bentuk kontrol pada Pemerintah desa. Serta mendukung pencapaian indikator Monitoring Center for Prevention (MCP KPK) dalam Siswaskeudes. Dengan demikian, setelah mengikuti kegiatan ini, Pemdes dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa bisa berjalan secara optimal dan dapat dipertanggung jawabkan secara benar. Tentunya dapat meningkatkan kapasitas SDM aparatur Pemdes dalam pengelolaan keuangan desa dengan memanfaatkan teknologi menggunakan aplikasi Siskeudes.

“Harapan saya tahun ini dalam pengelolaan keuangan desa lebih baik dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan dengan menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan pengadministrasian pengelolaan keuangan desa lebih tertib,” katanya. “Tanamkan selalu kalimat motivasi dalam pemikiran saudara-saudara ‘saya pasti bisa dan saya pasti mampu’. Semangat untuk maju dan lebih baik dari sebelumnya sangat membantu saudara-saudara untuk menguasai ilmu ini. Kami hanya bisa memfasilitasi, tapi kemauan dan kerja keras saudara-saudaralah yang sangat menentukan manfaat dari penggunaan aplikasi ini dalam melaksanakan tugas yang saudara-saudara emban,” tambah Yuri dihadapan seluruh peserta yang merupakan perangkat Pemdes se-Kutim. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini