Beranda Kutai Timur Usai Dilantik, Kades Se-Kutim Diingatkan Pahami Tupoksi

Usai Dilantik, Kades Se-Kutim Diingatkan Pahami Tupoksi

389 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman saat melantik 79 Kepala Desa Periode 2023-2029. Foto: Fuji Pro Kutim.

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman akhirnya melantik 79 Kepala Desa (Kades), hasil Pilkades serentak dan pergantian antar waktu. Pelantikan Kades untuk masa jabatan 2023-2029 ini dilangsungkan di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG), Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Jumat (17/2/2023). Pelantikan nampak dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Wakil Ketua DPRD Arfan, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat serta undangan lainnya.

Setelah melantik, Bupati Ardiansyah mengingatkan seluruh Kades terpilih agar dapat memahami peran dan tugasnya. Sebagai orang yang mendapatkan amanah dari masyarakat.

“Tugas utama Kepala Desa yaitu menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat desa,” jelasnya.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat memberikan keterangan selesai pelantikan Kades se-Kutim di GSG. (Nasruddin/ Pro Kutim)

Mengingat kedudukan, kewenangan, serta keuangan desa yang semakin kuat, penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan lebih akuntabel. Didukung dengan sistem pengawasan antara pemerintah desa dan lembaga di desa. Khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Para Kades diharapkan mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat secara proporsional dan merata. Sehingga dapat mewujudkan pembangunan terpadu dan serasi,” tambahnya.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh Kades untuk segera melakukan koordinasi internal dengan Perangkat Desa. Guna membangun komunikasi yang harmonis dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun lembaga di desa. Sebagai mitra kerja untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Pelajari regulasi (peraturan) yang terkait dengan desa. Cermat dan hati-hati dalam pengelolaan anggaran desa, jangan malu bertanya. Jangan sampai saudara bersinggungan dengan permasalahan hukum,” tegasnya.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan Wabup H Kasmidi Bulang saat memberikan keterangan selesai pelantikan Kades se-Kutim di GSG. (Nasruddin/ Pro Kutim)

Sementara Wabup Kasmidi Bulang turut menambahkan, dia berharap seluruh Kades yang baru dilantik, petahana maupun yang baru maupun hasil PAW agar bisa menjalankan amanah dengan baik.

“Kita ingin Kepala Desa ini bisa bersinergi dengan pemerintah yang sudah ada. Artinya program-program yang sudah ada ini dilanjutkan sampai kepemimpinan kami berdua (AS-KB) selesai (pada 2024),” katanya. (kopi14/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini