Beranda Kutai Timur Siti Robiah Bekali Kades Se-Kutim 10 Program Pokok PKK

Siti Robiah Bekali Kades Se-Kutim 10 Program Pokok PKK

135 views
0

Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah saat memberikan pembekalan para Kades. Foto: Wahyu/Pro Kutim 

SANGATTA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutai Timur (Kutim) Ny Hj Siti Robiah berkesempatan menjadi narasumber dalam kegiatan pembekalan kepala desa (Kades) gelaran DPMDes Kutim di Hotel Royal Victoria, Rabu (5/4/2023). 

Pada kesempatan itu, Siti Robiah mengatakan pembekalan yang diberikan kepada para Kades adalah tentang 10 program pokok PKK. Pentingnya 10 program itu harus dilakukan di tingkat dasar dasawisma atau tingkat desa hingga RT. 

“Disampaikan 10 program pokok PKK kepada para Kades, kepinginnnya ada konek (terhubung) antara Kades sama Ketua TP PKK desa,” ucap Siti Robiah. 

Sebagai contoh, seumpama Kadesnya lemah dalam menjalankan roda pemerintahan, Ketua TP PKK-nya bisa mendorong. Apalagi sampai tak paham, jadi bisa berkomunikasi dengan Ketua TP PKK-nya. Tentunya semua itu dilakukan agar kinerjanya bisa berjalan dengan baik. 

“Beberapa waktu lalu pun, sudah diberikan juga pembekalan Ketua TP PKK-nya dan sekarang Kadesnya. Jadi mudah-mudahan mereka bisa paham dan menjalankan 10 program TP PKK di desa,” ungkap istri orang nomor satu di Pemkab Kutim itu. 

Ia menambahkan data-data di dasawisma itu sangat menunjang dalam mengambil kebijakan dan perencanaan yang ada di desa. Pasalnya ada 107 data yang ada di TP PKK dari sekretariat sampai dengan pokja empat. Data itu diantaranya tentang kependudukan, kesehatan, lingkungan dan sebagainya. 

“Semoga program TP PKK terakomodir, karena TP-PKK bukan peminta-peminta tetapi mitra pemerintah atau perpanjangan tangan dari pemerintah,” urainya. 

Untuk diketahui 10 program pokok PKK ialah Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga. Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat. (kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini