Beranda Hukum Lapak di Jalan Inpres Ditertibkan, Banyak Gunakan Badan Jalan

Lapak di Jalan Inpres Ditertibkan, Banyak Gunakan Badan Jalan

84 views
0

Momen penertiban lapak pedagang di Jalan Inpres Desa Sangatta Utara. (Foto: Wahyu/Pro Kutim)

SANGATTA – Badan Jalan Inpres di Desa Sangatta Utara yang kini dipenuhi oleh lapak para pedagang telah ditertibkan oleh Satpol PP Kutim. Penertiban itu dilakukan dalam kegiatan Gerakan Jumat Bersih (GJB) yang merupakan agenda kecamatan Sangatta Utara.

Ditemui disela-sela penertiban, Sekretaris Satpol PP Aidiluddin A Sailella mengatakan pihaknya bergabung dalam program Gerakan Jumat Bersih (GJB) yang merupakan agenda kecamatan Sangatta Utara untuk melakukan penertiban para pedagang yang membangun lapak hingga badan di Jalan Poros Inpres di Desa Sangatta Utara.

“Kami menertibkan aktivitas perdagangan yang ada di Jalan Inpres, karena pedagang berjualan di atas drainase atau daerah milik jalan,” kata Aidil, saat diwawancarai awak media usai kegiatan penertiban, Jumat (9/6/2023).

Aidil sapaan akrabnya, mengungkapkan ditindaknya para pedagang ini karena berdasarkan laporan masyarakat langsung maupun yang melalui suara legislatif belum lama ini. Apalagi aktivitas tersebut sudah mulai menjadi titik kerawanan bagi pengguna jalan selama ini. Sampai-sampai menyebabkan kemacetan pada jam-jam tertentu.

“Kemudian di samping itu polusi udara yang sangat bau ditimbulkan akibat limbah dagangan mereka. Itu sangat meresahkan,” bebernya.

Kemudian, saat hujan deras mengguyur, daerah Jalan Inpres ini menjadi banjir karena drainase sudah mulai tersumbat oleh kotoran hewan berdasarkan kajian oleh OPD terkait.

“Kami dari Satpol PP Kutim lebih melakukan tindakan ke penertiban bangunan lapak mereka,” ungkap Aidil.

Sesuai aturan Perda Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum yang berisi penindakan tegas aktivitas perdagangan di atas badan jalan atau parit.(kopi7/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini