Beranda Pemerintahan Wabup Kutim Apresiasi Program Magang PT Pama

Wabup Kutim Apresiasi Program Magang PT Pama

183 views
0

Penandatanganan MOU dengan 4 Sekolah saat seremonial penerimaan calon karyawan status magang oleh PT PAMA.Foto: Yuni/Pro Kutim

SANGATTA – Seremonial penerimaan calon karyawan status magang di PT Pamapersada Nusantara digelar di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG)Bukit Pelangi Sabtu (30/9/2023). Sebanyak 66 orang dengan posisi magang sebagai operator dan mekanik yang diterima dengan masa kerja 6 bulan.

Kegiatan ini turut dihadiri Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Kepala Disnakertrans Kutim Sudirman Latif, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Perwakilan Polres, Camat Sangatta Utara Hasdiah, Manager Comunity Empowerment PT Kaltim Prima Coal (KPC) Nanang Supriadi, Manager Eksternal Relation KPC Ronald Sihombing, Manager Bengalon Comunity Relationship and Development Syahruldi, Kepala SMKN 1, Kepala SMKN 2, Kepala SMK Muhamadiyah 1 Sangatta, SMKN 1 Bengalon, dan Ketua BKK.

Dalam kesempatan itu, Projects Manager PT Pamapersada Site KPC Honorius Loster Sihaloho mengatakan kegiatan ini dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kutim sebagai upaya penyerapan Tenaga kerja lokal.

“PAMA melakukan rekrutmen dari beberapa sumber yang pertama bersumber dari tenaga kerja pengalaman, kedua dari alumni SMA dan SMK yang belum memiliki pengalaman dan yang ketiga program Ijon. Jadi, fokusnya program CSR Pamapersada terhadap 5 bidang pengembangan ekonomi masyarakat, kesehatan gizi, peningkatan kualitas pendidikan, keterampilan, manajemen pengelolaan lingkungan, sosial, budaya dan agama,” bebernya.

Sementara itu, Wabup Kutim Kasmidi Bulang memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan Pamapersada. Ia mengatakan ini patut dicontoh perusahaan lain.

“Kalau kita bicara pengangguran, tentunya ini masalah yang harus kita carikan solusi bersama pemerintah. Dengan DPRD membuatkan payung hukumnya. Sebagai kerangka itu kita lakukan dengan harapan. Investasi yang hadir di daerah kita bisa memberikan ruang kemudahan,” tegasnya.

Selanjutnya, Kasmidi mengutarakan bisa dilihat begitu banyaknya investasi di Kutim, bahkan sudah melakukan suatu terobosan yang luar biasa. Disampaikan kepada semua perusahaan-perusahaan yang ada di Kutim. Paling tidak mencontoh program yang dilakukan oleh PT Pama.

“Ini pengalaman menjadi semangat spirit yang membuat kita siap menghadapi tantangan ke depan. Alhamdulillah, saya pikir ini salah satu solusi yang menjadi penyelesaian permasalahan-permasalahan di Kutim,” ulasnya.

Senada, Kadisnakertrans Kutim Sudirman Latif saat ditemui usai acara menegaskan dari arahan Pak Wabup Kasmidi dengan memberikan sambutan berpesan untuk bersurat ke perusahaan dan melakukan pembinaan kepada anak SMA dan SMK.

“Dorongan perusahaan yang membuat pembinaan dari anak kelas 3 di SMA dan SMK, bagi siapa yang punya bakat minat masuk ke perusahaan. Kemudian setelah itu dilakukanlah kerja sama dengan SMA dan SMK lewat program bursa kerja khusus. Ini kolaborasi namanya pola kemitraan,” jelasnya.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan MoU 4 sekolah binaan PT Pamapersada dan ditandatangani para kepala sekolah, BKK, dan Disnakertans Kutim.(kopi 9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini