Beranda Kutai Timur Bazar UMKM Teluk Pandan Selesai, Transaksi Tembus Rp 195 Juta

Bazar UMKM Teluk Pandan Selesai, Transaksi Tembus Rp 195 Juta

201 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menghadiri malam penutupan Bazar UMKM titik ke-16 di Kecamatan Teluk Pandan. Foto: Yuni/Pro Kutim

TELUK PANDAN – Malam penutupan Roadshow Bazar UMKM titik 16 gelaran Diskop UMKM Kutim bekerja sama dengan Genpro Indonesia yang dipusatkan di Desa Teluk Pandan Kecamatan Teluk Pandan, Selasa (3/10/2023) berjalan meriah. Kegiatan yang diikuti oleh 39 pelaku UMKM itu mampu memberikan keuntungan transaksi para penjual dan pembeli. Berdasarkan data yang diterima media ini, nilainya mencapai Rp 195 juta. Hal ini dilaporkan langsung oleh perwakilan Genpro Indonesia Kharudiansyah Leon Sakti.

“Pendapatan yang dihasilkan oleh pelaku UMKM selama 5 malam mencapai Rp 195 juta,” ungkapnya saat memberikan sambutan di depan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan Setkab Kutim Sulastin, perwakilan Ibu-ibu PKK kecamatan, Camat Sekcam hingga Kades Teluk Pandan.

Ia menambahkan jika bazar di Teluk Pandan ini menjadi bagian dari kegiatan inovasi.

“Jadi rangkaian kegiatan dari bazar ini, kita melihat ada beberapa potensi pelaku UMKM yang akan kita bina. Beberapa UMKM kita juga latih. Setelah kita latih dan kita kurasi produknya. Hasilnya, nanti kita ikutkan di expo di luar Kaltim. Kemarin sudah kita laksanakan di Bali dan di Jakarta dan nanti di tanggal 18 Oktober 2023 ada event di Yogyakarta. Nah, bahkan malam hari ini dari Diskop dan UMKM itu membawa 8 pelaku UMKM,” jelasnya.

Leon Sakti pun menambahkan perlu langkah keseriusan dari Diskop UMKM untuk membina dan memberdayakan UMKM Kutim.

“Jadi program ini bukan kita main-main. Tapi, outputnya jelas untuk masing-masing UMKM yang berbeda. Bahkan, pemasarannya bisa dipasarkan sampai ke luar negeri dan ini sedang kita upayakan. Mohon doanya,” urainya.

Senada, Kepala Diskop UMKM Darsafani menegaskan jika koperasi juga tidak hanya mendorong untuk melakukan bazar. Tapi promosi ke Yogyakarta. Jadi memberi kesempatan mereka untuk menambah ilmu.

Ia pun berterima kasih kepada Bapak Bupati yang memberi kesempatan kepada Diskop UMKM Kutim untuk diberikan seluas-luasnya untuk mengembangkan UMKM Kutim.

“Kepada bapak ibu para peserta yang telah mengisi UMKM yang sejak 5 hari yang lalu masih tetap konsisten bertahan sampai hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengucapkan selamat jalan kepada 8 pelaku UMKM Kutim yang akan berangkat ke Yogyakarta untuk studi tiru terdiri dari Kecamatan Sangkulirang dan Sangatta Selatan.

“Selamat jalan untuk menimba ilmu. Insyaallah, ke depan Teluk Pandan maju dengan produk-produknya,” kata Ardiansyah.

Pada kesempatan itu ia ikut mempromosikan produk Kutim seperti madu kelulut. Untuk itu, produk Teluk Pandan tidak terlalu jauh ketinggalan dengan produk UMKM yang ada di daerah-daerah lain di Indonesia, apalagi lokasi Teluk Pandan di pinggir jalan jadi sebagai daya tarik masyarakat untuk berkunjung .

“Saya berharap arena ini menjadi arena yang luar biasa dalam peningkatan ekonomi kerakyatan pada khususnya dan Kecamatan Teluk pandan pada umumnya. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya ekonomi kerakyatan,” urai Ardiansyah.

Di akhir acara, Ardiansyah Sulaiman menghibur warga dengan menyanyikan lagu penyanyi milik Anji berjudul Menunggu Kamu Di sini dan yang kedua tembang Isabela versi ST12.(kopi9/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini