Beranda Kutai Timur Ada Bazar Ramadan dan Pasar Murah di Bukit Pelangi – Bupati Kutim...

Ada Bazar Ramadan dan Pasar Murah di Bukit Pelangi – Bupati Kutim Harap Produk UMKM Eksis di Pasar Global

82 views
0

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman saat membuka secara resmi membuka Bazar Ramadan dan Pasar Murah di Lapangan Helipad. Foto: Adi Sagaria Pro Kutim

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman, secara resmi membuka Bazar Ramadan dan Pasar Murah di Lapangan Heliped, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa (26/3/2024). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kutim bekerja sama dengan Genpro Kaltim dengan tema “Wisata Belanja Keren”. Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai langkah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Terutama bagi pelaku UMKM di Kutim. Beliau juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas produk UMKM agar dapat bersaing di pasar regional dan global.

“Tolong Dinas Koperasi UKM kita butuh pendampingan dan saya harap tahun ini lebih banyak produk UMKM masuk pasar regional dan pasar global untuk memenuhi permintaan,” kata Ardiansyah.
Sejumlah contoh keberhasilan ekspor produk UMKM Kutim juga disampaikan, seperti pengiriman bedak kecantikan ke China serta kripik pisang ke Belgia dan Singapura. Bahkan, terdapat permintaan dari restoran-restoran di Jepang untuk produk pisang rebus dan singkong rebus dari Kutim.

“Pisang rebus dan singkong rebus yang diminta oleh restoran Jepang luar biasa. Ini memiliki tempat di pasar yang global apalagi kalau pasar regional,” tutup Ardiansyah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Teguh, melaporkan bahwa sebanyak 40 UKM dan organisasi lainnya turut berpartisipasi dalam bazar Ramadhan dan Pasar Murah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menekan laju inflasi, meningkatkan penghasilan UKM, dan mempromosikan produk-produk lokal. Bazar Ramadhan dan Pasar Murah ini akan berlangsung hingga 40 Maret 2024 dan menawarkan berbagai macam makanan, minuman, serta hiburan.
“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi lokal di Kutai Timur,” jelas Teguh. (kopi8/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini