Beranda Kutai Timur 7 Komitmen Program Prioritas Kepala Daerah Jadi Acuan RKPD 2025

7 Komitmen Program Prioritas Kepala Daerah Jadi Acuan RKPD 2025

48 views
0

Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor. Foto: Ist for Pro Kutim

SANGATTA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Noviari Noor mengatakan bahwa penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kutim 2025 disusun berdasarkan tujuh komitmen program prioritas kepala daerah di bawah kepemimpinan ASKB (Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang) untuk periode 2021-2026.

“Program prioritas dimaksud di antaranya adalah infrastruktur, ekonomi, pendidikan, sosial dan kependudukan, Kesehatan, pertanian dan nelayan, pariwisata dan kebudayaan,” ucapnya kepada awak media belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa program perioritas ASKB sebagian besar sudah dilaksanakan dan sudah selesai. Seperti Rp 50 juta per RT, penyediaan lapangan pekerjaan, bantuan usaha kecil dan pelatihan keterampilan dan lain sebagainya.

“Untuk bidang infrastruktur, telah dilaksanakan perbaikan hingga peningkatan gang dan jalan antar kecamatan. Penyediaan air bersih dan listrik, jaringan internet, pembangunan rumah layak huni dan lainnya. Sedangkan pendidikan ada beasiswa, bosda, insentif guru dan lainnya,” urainya.

Selain itu, dari segi kesehatan, Pemkab Kutim telah membangun rumah sakit baru dan peningkatan pelayanan puskesmas serta pemberian pelayanan BPJS gratis. Sedangkan pertanian peternakan dan nelayan, yakni dengan menjaga ketersediaan pupuk, pengadaan benih dan bibit. Termasuk pembangunan peternakan melalui program replanting hingga perkebunan kelapa sawit.

“Memaksimalkan perekaman KTP-el, pemberian insentif doja dan petugas rumah ibadah. Sedangkan pariwisata ada kegiatan pembangunan fasilitas dan pengembangan wisata hingga gelaran festival. Semua kegiatan sudah terlaksana. Ada juga yang dikerjakan berkelanjutan dan bertahap,” tutupnya. (kopi14/Kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini