Beranda Kutai Timur Kutim Tingkatkan Layanan Publik melalui Optimalisasi SDM SP4N Lapor

Kutim Tingkatkan Layanan Publik melalui Optimalisasi SDM SP4N Lapor

270 views
0

Jalannya Bimtek SP4N Lapor.Foto: Bella Pro Kutim

SAMARINDA – Di tengah era modern yang semakin berkembang, kebutuhan akan pelayanan publik yang cepat, tepat, dan transparan menjadi suatu keharusan. Masyarakat semakin menuntut agar pengaduan dan aspirasi mereka dapat segera ditangani dan mendapatkan tanggapan yang memadai. Oleh karena itu, optimalisasi penggunaan SP4N Lapor menjadi semakin penting untuk diimplementasikan.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo Staper), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Admin Narahubung untuk Optimalisasi Penggunaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor. Kegiatan ini berlangsung di Meeting Room, Hotel Mercure pada Rabu (24/7/2024).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo Staper Ronny Bonar Hamonangan Siburian menyampaikan bahwa acara ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta perwakilan dari USAID SEGAR. Sebanyak 120 peserta yang terdiri dari admin narahubung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan turut berpartisipasi dalam bimtek ini.

“Saya berharap, setelah mengikuti bimbingan teknis ini, seluruh peserta (sumber daya manusia) dapat lebih siap dan terampil dalam mengoperasikan SP4N Lapor. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan responsivitas dan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kutim,” jelas Ronny Bonar.

Kegiatan bimtek ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sudirman Latif yang mewakili Bupati Kutim. Dalam sambutannya, Sudirman menegaskan bahwa SP4N Lapor merupakan alat yang efektif untuk mengidentifikasi masalah dalam pelayanan publik dan menemukan solusi yang tepat.

“Dengan adanya laporan dari masyarakat, pemerintah dapat melakukan evaluasi dan perbaikan layanan secara terus-menerus. Selain itu, sistem ini juga mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan, karena setiap tindakan yang diambil terhadap laporan dapat dipantau oleh publik,” tegas Sudirman.

Sudirman juga menambahkan bahwa sistem SP4N Lapor adalah salah satu upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, responsif, dan transparan kepada masyarakat. Pelayanan publik yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Oleh karena itu, peningkatan kapasitas admin narahubung sebagai ujung tombak dalam pengelolaan pengaduan publik sangatlah penting. Saya berharap melalui bimbingan teknis ini, para admin narahubung dapat memahami secara mendalam mekanisme dan prosedur yang ada dalam SP4N Lapor, sehingga dapat mengelola pengaduan dengan lebih efektif dan efisien,” tutupnya.

Dengan pelatihan ini, diharapkan Kutim dapat semakin memperbaiki dan meningkatkan layanan publiknya, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat yang semakin tinggi terhadap kualitas pelayanan pemerintah. (kopi12/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini