Beranda Kutai Timur Pol PP Diminta Tindak Tegas! – Perusahaan Yang Merusak Pipa PDAM

Pol PP Diminta Tindak Tegas! – Perusahaan Yang Merusak Pipa PDAM

72 views
0

SANGATTA- Dalam rapat koordinasi di Ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten, Senin (19/6), Bupati menginstruksikan kepada Kasat Pol PP Kutim M Arif Yulianto, untuk segera menindak tegas perusahaan pada operasionalnya menjadi penyebab pecahnya pipa PDAM di wilayah Kecamatan Kaliorang. Bupati tak ingin akibat kejadian tersebut distribusi air bersih untuk masyarakat malah terganggu.

“Tolong pak Arif (Kasat Pol PP) dapat segera di datangi pihak perusahaannya. Agar dapat mempertanggung jawabkan kerusakan pipa instalasi milik PDAM. Jangan sampai pasokan air terhambat ke masyarakat apalagi jelang perayaan Idul Fitri,” tegas Ismu, sapaan akrab Ismunandar dihadapan peserta rapat lainnya.

Permintaan Ismu kali ini disampaikan untuk menindaklanjuti laporan Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni terkait kondisi pendistribusian air yang belakangan memang mengalami hambatan. Dikarenakan ada permasalahan teknis, yang secara bertahap akan diatasi. Berikut adanya kerusakan pipa instalasi PDAM akibat aktivitas perusahaan di Kecamatan Kaliorang.

“Hal ini sudah kami laporkan, baik kepada pihak Kecamatan Kaliorang dan kepolisian untuk dapat di selidiki lebih lanjut,” bebernya.

Bupati berharap kedepan distribusi air bersih untuk masyarakat berjalan lancar. Selain itu dalam rapat Bupati juga menanyakan kesiapan Pol PP dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri. Menanggapi pertanyaan Bupati, Kasat Pol PP melaporkan bahwa menyangkut pengamanan Idul Fitri, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Berikutnya Bupati juga turut memberikan instruksi kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Rizali Hadi, untuk senantiasa menyiagakan para personilnya. Guna mengantisipasi kebakaran, terutama menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri hingga sesudahnya.

“Baik pak Bupati, dalam hal ini kami dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan terus melakukan pelatihan dan bimbingan kepada personil. Agar dapat lebih fokus dalam penggunaan dan pengoperasian alat-alat pemadam,” terang Rizali pada rapat yang turut dihadiri Sekretaris Kabupaten Irawansyah.

Selanjutnya OPD ini menurut Rizal juga telah menyerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran ke salah satu UPT-nya. Terutama di kawasan yang rawan terjadi musibah kebakaran.

Tak hanya itu, hal-hal lain seperti kesiapan siagaan unit ambulance juga menjadi perhatian Bupati dalam rapat. Karena diwaktu ramadhan, terlebih jelang lebaran seperti sekarang ini pelayanan kesehatan dengan sarana dan prasarana harus lebih maksimal dipersiapkan dari biasanya.

“Sarana ambulan sangat diperlukan, untuk melayani masyarakat yang membutuhkan jasa ambulance, terlebih dalam menghadapi hari raya Idul Fitri,” kata Ismu.

Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini tak ingin ada pasien yang terbengkalai dan tidak mendapat pelayanan kesehatan karena petugas medinya cuti lebaran. Apalagi yang namanya sakit datangnya bisa kapan dan dimana saja.

Sehubungan hal itu dia meminta kepada Plt Direktur RSUD Kudungga Sangatta dr Hj Anik Istiyandri agar menyiapkan unit ambulance. Menanggapi instruksi Bupati, Plt Direktur RSUD Kudungga Sangatta dr Hj Anik Istiyandri mengatakan pihaknya memang telah menyiagakan beberapa ambulance. Termasuk untuk diperbantukan pihak UPT di beberapa desa.

“Menyangkut kesiapan medis terlebih menjelang perayaan Idul Fitri telah kami koordinasikan dan terjadwal dengan baik, melibatkan masing-masing Puskesmas,” terangnya. (hms12)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here