Beranda Kutai Timur GOW Kutim Gelar Peringatan Hari Kartini – Kenang Perjuangan Emansipasi Wanita

GOW Kutim Gelar Peringatan Hari Kartini – Kenang Perjuangan Emansipasi Wanita

68 views
0

SANGATTA- Meski tertunda, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tetap menggelar peringatan Hari Kartini. Peringatan di isi berbagai kegiatan di ruang Meranti, Kantor Bupati, Selasa (24/4/2018).

Beberapa tarian-tarian daerah, pembacaan puisi, pemilihan busana kebaya terbaik dan pameran berbagai jenis olahan dari para ibu-ibu yang tergabung dalam GOW ditampilkan kepada seluruh hadirin yang memadati acara. Kegiatan semakin meriah karena turut dihadiri Bupati Kutim H Ismunandar, Kepala Kejari Kutim Mulyadi, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta, Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih yang juga sebagai Wakil Ketua II DPRD Kutim. Ketua GOW Ny Hj Tirah Satriani, Ketua DWP Kutim Sri Andayani, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Forum Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengurus organisasi wanita lainnya yang tergabung di GOW.

Bupati Kutim H Ismunandar pada acara tersebut mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan yang hadir. Semangat dan dedikasi serta perjuangan Raden Ajeng Karitini bagi emansipasi wanita menurut Ismu merupakan warisan pejuang perempuan Jepara tersebut. Selanjutnya warisan terpenting lainnya dari Kartini adalah bagaimana kesempatan mengecap pendidikan pertama bagi kaum perempuan di Indonesia bisa sejajar dengan kaum pria.

“Saya mengajak kepada seluruh kaum wanita untuk mengikuti jejak dan semangat R A Kartini. Di zaman ini kesempatan untuk wanita menjadi pemimpin sudah terbuka di Indonesia. Kita sudah pernah punya presiden wanita, Menteri-Menteri banyak wanita, Kepala Dinas, legislatif juga ada wanita seperti di Kutim Wakil Ketua II DPRD Kutim ada Ibu Hj Encek UR Firgasih,” sebut Ismu.

Hal tersebut menunjukkan wanita sudah mampu dan sejajar dengan kaum pria. Untuk itu diharapkan perempuan di Kutim dapat meningkatkan daya cipta, kreatifitas dan kualitas, terpenting adalah kebersamaan, Oleh karena itu GOW harus membangun kebersamaan. Sehingga apa yang dicita-citakan bisa tercapai dengan semangat Kartini.

Senada Ketua Pembina GOW Ny Hj Encek UR Firgasih yang juga sebagai Ketua TP PKK Kutim serta Bunda PAUD Kutim mengatakan dengan meneladani sosok R A Kartini, wanita Kutim bisa berjuang untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita pahlawan nasional tersebut untuk menyelamatkan kaum perempuan.

“Marilah kita meneladani sikap dan perilaku ibu Kartini. Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak emansipasi wanita yang sudah mulai dirasakan. Ketika wanita tidak menggantungkan hidupnya kepada siapapun dan belajar lebih mandiri, itu sebenarnya sudah wujud dari emansipasi,” kata Firga mencontohkan.

Sementara itu, Ketua GOW Kutim Ny Hj Tirah Satriani menambahkan bahwa tema peringatan Hari Kartini kali ini adalah “Semangat Kartini Memperkuat Daya Cipta, Kreatifitas dan Kualitas Perempuan Kutim”. Tema memiliki makna, agar seluruh kaum wanita yang ada di Kabupaten Kutim mempunyai bekal kualitas diri yang baik. Untuk membina anak- anak dan keluarga hingga sukses.

“Keberhasilan anak kita, disitulah letak keberhasilan kita sebagai Kartini masa kini. Diharapkan kita sebagai wanita harus tetap semangat meskipun saat ini sudah sejajar dengan kaum pria akan tetapi jangan pernah melupakan kodrat kita sebagai wanita,” ujar Tirah. (hms11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here