Beranda Keagamaan Warga Toraja Harus Bersinergi Dengan Pemkab – IKAT Bantu Topang Pembangunan Kutim

Warga Toraja Harus Bersinergi Dengan Pemkab – IKAT Bantu Topang Pembangunan Kutim

66 views
0

AJAK BANGUN KUTIM: Bupati Ismunandar bersama istri Encek UR Firgasih dan Wabup Kasmidi memberikan saweran rezeki ke penari dalam momen kemeriahan pengukuhan IKAT Kutim di Gedung Kristiani Center. (Foto: Alvian humas)

SANGATTA-Ikatan Keluarga Toraja (IKAT Cabang Kutai Timur (Kutim) periode 2019-2024 secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Kutim Ismunandar dalam momen pelantikan pengurus dengan ketua terpilih IKAT Kutim yaitu Piter Buyang di Gedung Kristiani Center Jalan Soekarno Hatta, Kamis (2/5) malam. Sebelumnya pemilihan pengurus yang baru ini dilaksanakan pada bulan Januari dan serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus yang baru pada tanggal 4 Februari 2019.

Bupati Kutim Ismunandar turut didampingi istri Encek UR Firgasih dan Wabup Kasmidi Bilang kompak mengenakan pakaian adat Toraja berwarna putih. Dalam sambutannya dihadapan ribuan masyarakat Toraja, Ismu  berharap  kepada segenap jajaran pengurus yang baru saja dikukuhkan dan seluruh masyarakat Toraja yang ada di Kutim untuk dapat terus bersinergi dalam mendukung pembangunan di Kutim.

“Kuncinya adalah kebersamaan. Jika kita kompak bersama-sama dalam membangun Kutim, daerah ini tetap akan menjadi solid dalam menggenjot seluruh sektor pembangunan. Saya apresiasi pada pagi hari sebelum kegiatan pengukuhan ini, IKAT akan membuat rumah adat toraja (tongkonan) ditandai dengan peletakan batu pertama. Kedepan lokasi ini siap menjadi destinasi baru wisata budaya yang bisa menarik pengunjung,” tegas Ismu.

Ismunandar menambahkan adanya pengurus yang baru ini semangat siporannu (hubungan keluarga saling membantu) juga terus dipertahankan untuk sama- sama menjadi mitra pemerintah dan stake holder lainnya.

“Kurang lebih ada 9.000 warga Toraja mendiami ibu kota Kutim yaitu di Sangatta Utara. Saya harap tenaga dan pikiran dari warga Toraja tetap eksis berkontribusi dalam perjalanan Kutim,” jelasnya. 

Senada dengan bupati, Ketua IKAT Kutim terpilih Piter Buyang siap berkolaborasi dengan Pemkab Kutim. Dirinya akan mengarahkan seluruh tim pengurus IKAT dalam  menyusun program yang dapat bersinergi menopang kemajuan pembangunan di Kutim.

“IKAT bersedia dan siap membantu pemerintah daerah dalam kegiatan-kegiatan pembangunan, kemanusian dan sosial karena

IKAT hadir sebagai pemersatu dan mengayomi seluruh rumpun keluarga Tana Toraja untuk sama-sama membangun daerah terutama di Kutim,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here