Beranda Pemerintahan Dishub Kutim Perketat Pengamanan Ponton Penyeberangan

Dishub Kutim Perketat Pengamanan Ponton Penyeberangan

102 views
0

Kadishub Kutim, Ikhsanuddin Syerpi Saat di rapat Coffe Morning, ruang Meranti, Kantor Bupati (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA-Pasca hilangnya nyawa bocah kecil bernama Wahyu (6) yang tercebur di Sungai Sangatta menjadi perhatian semua pihak. Kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur (Kutim) memperketat pengamanan ponton penyeberangan di sungai yang menghubungkan Sangatta Selatan dan Sangatta Utara tersebut.

Kadishub Kutim, Ikhasanuddin Syerpi menegaskan pengawasan terhadap operasional ponton sudah setiap bulan dilakukan dengan pemeriksaan life jacket, lampu serta jaring untuk pagar kendaraan roda dua yang diangkut oleh ponton.

“Tapi, ya itu saat diawasi saja semua lengkap. Penumpang ada pengamannya. Nah, saat tidak diawasi tidak ada lagi,” jelasnya.

Ditambahkan Ikhsanuddin, ponton merupakan transportasi penyeberangan tradisional sejak Sangatta masih menjadi kecamatan di Kabupaten Kutai. Sehingga pengoperasiannya sudah dilakukan turun temurun.

“Karena memang asuransinya tidak ada. Tarif ponton sekali menyeberang hanya Rp 2.000 per kendaraan dan Rp 1.000 untuk penumpang yang tidak berkendara. Kecuali malam hari, biasanya penumpang harus merogoh kocek Rp 3.000 per motor,” jelasnya.

Untuk itu, Dishub Kutim tetap berkomitmen mengerahkan personelnya agar lebih intens melakukan pengawasan dan penjagaan di kawasan penyeberangan Sungai Sangatta.

“Terutama dalam kondisi tertentu, jika kondisi arus sungai deras dan air pasang. Kami perketat pengamanan,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here