Beranda Kutai Timur Peringati Hari Lanjut Usia – Pemkab Bagi Santunan Untuk 183 Lansia

Peringati Hari Lanjut Usia – Pemkab Bagi Santunan Untuk 183 Lansia

89 views
0

Asisten Pemkesra H Suko Buono, dan Asisten Ekbang H Rupiansyah secara Simbolis Serahkan Santunan Kepada Lansia. (Foto: Wak Hedir Humas)

SANGATTA – Peringati hari Lanjut Usia (Lansia) ke 23 tahun, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Sosial Kutim memberikan santunan kepada 183 Lansia, Selasa (2/7/2019) diruang Meranti, Kantor Bupati.

Sekretaris Dinas Sosial, Sudarto, mengatakan peringatan hari Lansia selaras dengan UU nomor 13 tahun 1998, yang menyatakan bahwa Pemerintah berkewajiban untuk memberikan pelayanan dan perlindungan sosial bagi lansia, agar dapat mewujudkan dan menikmati taraf hidup yang wajar.

“Kami atas nama Dinsos mengucapkan selamat hari Lansia kepada bapak/ibu yang telah memenuhi kriteria lansia yaitu yang berusia 61 tahun,” ucap Sudarto.

Sudarto menambahkan, dalam rangka memperingati Hari Lansia di Kutim, Dinsos kutim telah melakukan beberapa kegiatan,  yang pertama adalah memberikan santunan hidup bagi 183 lansia yang tersebar di 10 kecamatan. Kutim mendapat jatah (bantuan) dari Kemensos, paling banyak diantara Kabupaten lain di Kaltim, sebanyak 183 Lansia dengan mendapatkan tunjungan hidup per bulan Rp 250.000.

“Itu diberikan melalui rekening Mandiri mulai tahun 2019 ini, namun belum cair karena masih ada kendala sedikit. Insyah Allah, Kementerian akan merapel dan ditransfer ke rekening yang bersangkutan,” terangnya.

Disamping itu, sambungnya, Dinsos memberikan bantuan untuk Lansia produktif. Dalam arti Lansia yang kesehariannya berjualan, Kementerian Sosial, dalam hal ini juga memberikan bantuan berupa modal bahan sembako, yang bisa untuk dijual dengan kisaran uangnya sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Namun Ia mengakui, bahwa dana itu terbatas, hanya yang untuk lansia yang sambil menunggu hari tuannya dan mampu berwirausaha.

“Kami (Dinsos) juga mengakomodir keperluan-keperluan dari pada lansia seperti kursi roda, bagi lansia yang memerlukan kursi roda. Ini bisa kita berikan berkat bantuan Pemkab Kutim,” tuturnya.(hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here