Beranda Kutai Timur September Nanti, DPRD Kutim Punya Pimpinan Definitif

September Nanti, DPRD Kutim Punya Pimpinan Definitif

60 views
0

Prosesi pelantikan anggota DPRD Kutim periode 2019-2024 belum lama ini diruang Sidang Utama DPRD Kutim (Foto: Wak Hedir Humas)

SANGATTA – September mendatang kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2019 – 2024 dipastikan sudah terisi. Seperti diketahui, pekan lalu 39 anggota DPRD Kutim telah ambil sumpah/janji sebagai anggota DPRD  melalui rapat paripurna istimewa I, di ruang Sidang Utama DPRD Kutim belum lama ini.

Perlu diketahui, dari 40 anggota DPRD Kutim terpilih, ada 19 wajah lama dan 21 lainnya merupakan wajah baru. Untuk saat ini, palu pimpinan DPRD Kutim dipegang Ketua DPRD Sementara yakni Uce Prasetyo dari partai PPP, wakilnya Anjas dari partai Golkar.

Namun, kurang lengkap rasanya, bila kursi Ketua DPRD definitif belum terisi. Inilah yang sedang digenjot oleh Sekretariat DPRD Kutim, agar segera dilakukannya pelantikan pimpinan yang baru.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kutim Suroto dalam mengungkapkan,  rencananya September ini akan  dilaksanakan pelantikan Ketua DPRD yang baru. Hal ini dilakukan, agar program DPRD segera berjalan sesuai yang diharapkan. Selain itu, DPRD tidak bisa menggelar paripurna apabila belum ada pimpinan baru.

“Banyak pekerjaan yang menanti para wakil rakyat tersebut terutama pimpinan baru yang harus menyiapkan alat kelengkapan DPRD,”ungkap Suroto saat Coffee Morning, yang dipimpin Sekretaris Kabupaten H Irawansyah, Senin (19/8/2019) lalu.

Setelah dilantiknya pimpinan yang baru, DPRD akan menggelar sidang istimewa sebanyak tiga kali. pertama terkait pengambilan sumpah/janji anggota DPRD yang telah dilaksanakan, setelah itu, pengambilan sumpah atau pelantikan pimpinan DPRD baru, dan yang ketiga sidang paripurna istimewa terkaitnya tertinggalnya satu anggota dewan yang menunaikan ibadah Haji. kemudian yang terakhir sidang paripurna HUT Kutim 20 tahun 2019, sekaligus bupati akan menyampaikan pidato satu tahun keberhasilan pemerintah pada HUT Kutim itu.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Kutim Irawansyah berharap dengan adanya DPRD yang baru hubungan antara eksekutif dengan legislatif berjalan dengan lancar. Ia juga menitip pesan kepada anggota dewan yang baru bahwa untuk saat ini aspirasi diserahkan pada saat Rakorbang. (Hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here