Beranda Kutai Timur BID di Bengalon Diapresiasi Bupati – Diyakini Jadi Jembatan Pembangunan Desa

BID di Bengalon Diapresiasi Bupati – Diyakini Jadi Jembatan Pembangunan Desa

67 views
0

Bupati saat mengunjungi stand pameran Bursa Inovasi Desa Kecamatan Bengalon, di halaman Gedung Serba Guna Desa Sepaso Timur, Rabu (28/9/2018).

BENGALON – Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Bengalon mendapat apresiasi dan dukungan Bupati Kutim H Ismunandar. Hal itu disampaikan bupati saat membuka resmi kegiatan tersebut di halaman Gedung Serba Guna Desa Sepaso Timur, Rabu (28/9/2018).

Kegiatan yang adakan sehari ini, dirangkai dengan pameran produk unggulan masing-masing desa Kecamatan Bengalon dengan menampilkan hasil olahan unggulan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, wisata dan budaya. Juga inovasi desa dalam memenuhi infrastruktur dasar yakni air bersih dan listrik serta pelayanan dasar dalam bentuk kesehatan dan pendidikan. Disela acara juga dilaksankan pengukuhan pengurus BPD desa Tepian Baru.

“Saya sangat mengapresiasi inovasi desa Kecamatan Bengalon ini tadi saya lihat masing-masing desa sudah menonjolkan produk unggulannya. Seperti didaratan ada produk olahan daging sapi menjadi bakso, kemudian tempe, tahu juga produksi dari desa-desa dipesisir dari Desa Muara Bengalon, seperti ikan bandeng presto, abon ikan, ada juga produk olahan ikan pepi. Semua desa sudah menunjukan keunggulannya,” tutur Ismu usai meninjau langsung stand pameran BID tersebut.

Ismunandar berharap, dengan adanya BID ini masing-masing desa berkreasi dan berinovasi demi kemajuan pembangunan desa.

Sementara itu, perwakilan Panitia Pelaksana Ismail mengatakan, BID dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah. Serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, yaitu terjaringnya komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi insiatif atau kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif,” ujar Ismail.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bengalon Suharman, Kordinator KPW P3MD Provinsi Kaltim, Kepala BPMD Kutim Suwandi, Kabag Humas dan Protokol Setkab Imam Sujono Lutfi, perwakilan unsur FKPD kecamatan, pihak perusahaan PT KPC, para Kepala Desa dan BPD, TP PKK kecamatan, tokoh agama serta puluhan warga yang hadir saat itu. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here