Beranda Pemerintahan Wabup: Kegiatan KKN STIENUS Jadi Inspirasi Pembangunan

Wabup: Kegiatan KKN STIENUS Jadi Inspirasi Pembangunan

83 views
0

SIMBOLIS: Wabup Kasmidi Bulang membuka penutup plang nama Lapangan Sepak Bola Agung Bersatu di Desa Kebon Agung. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA-Wabup Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengapresiasi tinggi sumbangsih mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara (STIENUS) dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Kebon Agung Kecamatan Rantau Pulung, Sabtu (21/9/2019).

Dalam arahannya saat meresmikan Lapangan Sepak Bola Agung Bersatu didampingi Camat Mulyono, Kepala Desa Kebon Agung Suwanan, Sekretaris KONI Kutim Rudi Hartono, Ketua Panitia KKN STIENUS Ilham, perwakilan kepolsek dan babinsa, Kasmidi menuturkan kegiatan ini menjadi inspirasi bagi masyarakat setempat dalam menjalankan program pembangunan sekaligus membantu bersinergi dengan pemerintah daerah.

“KKN sudah semestinya harus peduli dan menjadi motivasi bagi masyarakat dalam gerakan pembangunan di desa. Akhirnya seluruh masyarakat aktif membuat gebrakan untuk dijadikan icon desa bisa dijual ke luar,” jelasnya.

Ia menjelaskan ada beberapa kegiatan kemasyarakatan yang dijalankan mahasiswa KKN itu yang menjadi acuan bagi pemda setempat untuk dikembangkan sebagai program pemerintahan.

“Itu artinya dari beberapa kali kegiatan KKN mahasiswa yang digelar di daerah ini cukup memberikan kontribusi terhadap daerah,” ujarnya.

Kasmidi juga mengatakan sejumlah pemikiran kreatif mahasiswa tersebut cukup membantu pemerintah daerah, terutama terkait dengan program kemasyarakatan.

“Walaupun mahasiswa tetapi cukup banyak pemikiran dan tindakan kreatif mereka yang bisa diserap, makanya kami selalu menyambut baik setiap ada mahasiswa menggelar KKN di daerah ini,” ujarnya.

Ia meminta kepada mahasiswa yang menggelar KKN untuk mampu mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih maju dan memberikan motivasi untuk hidup mereka menjadi lebih baik dan bermakna.

“Terutama kami meminta kepada mahasiswa dapat membantu pemerintah daerah menyosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tengah musim kemarau saat ini dan bahaya penyalahgunaan narkoba di usia remaja,” ujar Ketua BNK Kutim itu.

Sementara itu, Ketua Panitia KKN STIENUS Ilham mengutarakan selain sumbangsih karya KKN STIENUS dalam pembuatan plang dan pemberian nama Lapangan Sepak Bola Agung Bersatu, sejumlah kegiatan lain turut digelar seperti pengenalan UMKM yang diikuti oleh 8 RT di Desa Kebon Agung dan 1 dari anggota PKK desa.

“Ini jadi program utama kita mengenalkan UMKM yang menyajikan produk khas Desa Kebon Agung diantaranya nasi tumpeng, dodol tape, susu angkringan, hingga keripik kepo. Kegiatan juga dirangkai dengan gerakan minum susu dan pembagian tas sekolah dari Wabup Kasmidi yang diserahkan ke sekitar 250 orang anak anak terdiri dari PAUD Kasih Ibu, TK Tunas Jaya, TK Fairco Mandiri dan SDN 007,” tutupnya.(hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here