Beranda Pendidikan Jadi Pemateri Latsar CPNS Kutim – Dandim 0909/SGT Ingatkan 3 Hal Penting

Jadi Pemateri Latsar CPNS Kutim – Dandim 0909/SGT Ingatkan 3 Hal Penting

76 views
0

WEJANGAN ILMU: Komandan Kodim 0909/Sgt Letkol Czi Pabate tampil sebagai narasumber kebangsaan di depan 74 orang CPNS Kutim. (Foto: Istimewa)

SANGATTA-Komandan Kodim 0909/Sgt Letkol Czi Pabate didaulat menjadi pemateri oleh panitia Pelatihan Paling Dasar (Latsar) CPNS Kutai Timur (Kutim) di Gedung Diklat BKPP jalan Graha Expo, Kamis (25/10/2019). Pabate pun menularkan ilmu wawasan kebangsaan dihadapan 74 peserta.

Dalam arahannya, Pabate meminta peserta CPNS dapat memahami tugas kedepan sebagai abdi dan pelayan masyrakat.

“Kita  bisa melihat bagaimana terjadinya proses kelahiran bangsa Indonesia. Lahirnya  bangsa kita ini tidak didasarkan pada persamaan kelahiran, suku, daerah dan agama. Karena jika didasarkan atas semua itu tidak akan bisa berdiri kokoh.  Namun semua bersatu atas dasar dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi satu,” tegasnya.

Ditambahkan Pabate, CPNS adalah bagian dari pemerintah sebagai motor penerus bangsa bahkan mungkin menjadi calon pemimpin diberbagai bidang. Oleh karena itu jangan pernah berhenti belajar.

“Belajar bukan hanya di sekolah saja namun bisa kita lakukan dimana saja. Jadilah agen of change atau seseorang yang menjadi pembawa perubahan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah mindset atau pola pikir artinya mempunyai konsep berfikir yang benar berkontribusi dalam hal yang positif dimulai dari lingkup kecil dalam keluarga sampai pada lingkup yang besar yaitu masyarakat dan bangsa,” terangnya.

Selanjutnya Pabate meminta CPNS bisa menjawab tantangan pasalnya menjadi ASN kini sangat berat terlebih lagi ketika sebagai generasi muda yang masih mempunyai kesempatan, gampang terpengaruh apabila tidak memiliki pendirian.

“Bentuklah pondasi atau tiang dalam hidup agar kelak mampu menghadapi perkembangan zaman dan tidak terjerumus dalam kegiatan negatif yang dapat merugikan masa depan kalian. Pondasi tersebut antara lain taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, punya cita-cita yang jelas, visioner yang artinya punya punya lompatan pola berpikir ke depan yang lebih jauh, kerja keras dan smart, memiliki integritas tidak mudah digoyahkan,  rasa nasionalisme dan kebangsaan yang kuat,” tutupnya.(hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here