Beranda Pemerintahan Pemkab Kutim Tetap Utamakan DOB Kutara – Menyusul Sangkulirang, Masih Kajian Akademis

Pemkab Kutim Tetap Utamakan DOB Kutara – Menyusul Sangkulirang, Masih Kajian Akademis

122 views
0

Bupati Ismunandar (Foto: Dok Humas)

SANGATTA- Progres terkait pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kutai Utara (Kutara) yang sudah lama dikejar terus mendapat perhatian Pemkab Kutim. Bahkan Bupati Kutim H Ismunandar menegaskan bahwa pihaknya tetap mengutamakan rencana pembentukan kabupaten yang terdiri dari gabungan kecamatan yaitu Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Busang, Batu Ampar, Telen, Muara Wahau dan Kongbeng.

Meski saat ini sudah ada lagi usulan membentuk DOB Sangkulirang yang masih dalam tahap kajian akademis, namun Pemkab Kutim dalam hal ini lebih mendahulukan DOB Kutara. Sebab usulannya sudah lebih dulu masuk ke Pemerintah Pusat.

“Hingga kini, Pemkab Kutim masih terus berusaha Kutara bisa dimekarkan dan secepatnya terbentuk. Dalam hal ini, kami sangat serius jika Kutara ada, karena Pemkab Kutim menganggarkan sebesar Rp 300 Miliar agar Kutara segera lahir,” paparnya.

Ismu menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi bersama DPD-RI, agar Kutara berhasil disetujui menjadi salah satu DOB di Kaltim.

“Ini salah satu komitmen kami ke DPD-RI untuk membangun Kutara, namun hingga detik ini sudah direspon baik oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Soal aspirasi dari keinginan masyarakat pesisir wilayah Kutim untuk membentuk DOB Sangkulirang. Ismu mempersilahkan untuk dibentuk. Dengan melakukan kajian terlebih dahulu, hingga menyiapkan seluruh persyaratan pengajuan DOB. Ismu berharap Pemerintah Pusat dapat mewujudkan mimpi masyarakat pedalaman dan pesisir Kutim untuk membentuk Kabupaten sendiri, baik DOB Kutara ataupun DOB Sangkulirang. 

“Tujuannya jika DOB ada, tentunya pelayanan yang selama ini berjalan kurang maksimal dikarenakan rentang jarak jauh antar kecamatan, dapat lebih dimaksimalkan lagi,” tutupnya (hms13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini