Beranda Sosial & Kesehatan Pemkab Komitmen Lindungi Kesehatan Masyarakat – Deputi BPJS Sampaikan Apresiasi

Pemkab Komitmen Lindungi Kesehatan Masyarakat – Deputi BPJS Sampaikan Apresiasi

302 views
0

Foto bersama Sekretaris Kabupaten (Seskab) H Irawansyah dengan Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Irfan Humaidi beserta rombongan. (Ist)

SANGATTA- Mewakili Bupati Kutai Timur, Sekretaris Kabupaten (Seskab) H Irawansyah menyambut kunjungan Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Irfan Humaidi beserta rombongan, diruangĀ  kerjanya, Jumat (24/1/2020).

Kepada jajaran BPJS, Irawansyah mengatakan sangat menyambut positif kunjungan silaturahim kali ini. Momen kali ini digunakan oleh Irawan untuk menyampaikan bahwaĀ Pemkab Kutim selama ini terus berkomiten melindungi kesehatan warganya melalui BPJS kesehatan.Ā Ā 

“Bahkan, tahun ini Pemkab Kutim telah menganggarkan dana bagi jaminan kesehatan sesuai angsuran yang telah dinaikan,” jelasnya.

Diluar itu, Irawan menyebut, kedepan dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBKT) di Kutim, dipastikan banyak tenaga kerja yang akan berdatangan di Kutim. Tentu dibutuhkan peran serta seluruh OPD terkait, seperti Disnaker, Dinas Kesehatan, Disdukcapil untuk bisa berkontribusi demi tercapainya Universal Heath Coverage (UHC) di Kutim. Yaitu program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial. Hal ini ditunjang dengan pelayanan fasilitas kesehatan yang berkualitas. Salah satunya adalah memastikan jaminan kesehatan.

Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan hadir didampingi Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Oktovianus Ramba, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta serta Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kutim Ika Irawati.

Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan Irfan Humaidi mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahim dengan Pemkab Kutim. Dalam pertemuan itu, dirinya mengpresiasi Pemkab Kutim yang telah berperan aktif mendaftarkan penduduknya untuk menjadi peserta BPJS kesehatan, yang pembayaran iurannya ditanggung daerah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Kutim yang sudah melindungi warganya dengan segmen kepesertaan penduduk yang telah didaftarkan dan iurannya dibayarkan oleh Pemkab,” ujarnya.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kutim Ika Irawati dihubungi usai pertemuan mengungkapkan, sampai saat ini berdasarkan pelaporan jumlah penduduk Indonesia belum seluruhnya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) itu. Terhitung Januari 2020 peserta JKN mencapai 81,50 persen. Dirinya berharap, bagi masyarakat yang belum mendaftar BPJS kesehatan agar dapat mendaftar sesuai dengan kemampuannya.

“Jadi warga yang masuk kategori belum mampu bisa melalui program Penerima Bantuan Iuran (PBI), kalau memang pekerja melalui perusahaannya. Hal ini agar optimalisasi masing masing segmen kepesertaan JKN. Sehingga kedepan tidak sumuanya bergantung pada daerah,” jelas Ika.

Perlu diketahui, UHC merupakan salah satu cita-cita Pemerintah Indonesia, yaitu dengan meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan dan derajat kesehatan akan berkontribusi pada status psikologi yang kuat. (hms10)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini