Beranda Pemerintahan Puskesmas Se-Kutim Sudah Terakreditasi – 3 Predikat Utama, 16 Madya dan 2...

Puskesmas Se-Kutim Sudah Terakreditasi – 3 Predikat Utama, 16 Madya dan 2 Dasar

199 views
0

Bupati H Ismunandar, foto bersama Kepala Dinas Kesehatan dan 9 UPT Puskemas telah diakreditasi tahun 2019. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Upaya Pemkab Kutim untuk memingkatkan sarana dan prasarana yang layak serta representatif terus membuahkan hasil positif. Kini, seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah terakreditasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim dr Bahrani, dihadapan Bupati H Ismunandar saat acara penyerahan 21 unit motor dinas roda dua kepada bidan-bidan yang tersebar di 18 Kecamatan, di Aula Pertemuan Dinkes, Kamis (27/2/2020).

Bahrani mengatakan, 21 Puskesmas terakreditasi setelah dilakukan survey oleh Tim Surveyor Kementerian Kesehatan RI. Dilakukan setiap tahun, yakni 2017, 2018, 2019.  

“Sekarang Puskemas di Kutim 100 persen telah terakreditasi. Dengan predikat masing-masing 3 Puskesmas predikat utama, 16 Puskesmas predikat madya dan 2 Puskesmas predikat dasar,” ungkap mantan Direktur RSUD Kudungga Sangatta tersebut. 

Lebih jauh Bahrani menuturkan, akreditasi yang dilakukan pada 2017 menghasilkan 6 Puskesmas terakreditasi. Yaitu, Puskesmas Teluk Lingga, Long Masengat, Sangatta  Selatan, Kaubun, Kongbeng dan Teluk Pandan yang semuanya diberi predikat madya.

Kemudian, tahun 2018 ada 6 Puskesmas lagi yang terakreditasi. Yaitu, Puskesmas Sepaso Kecamatan Bengalon dengan hasil utama. Berikutnya, Puskesmas Rantau Pulung, Muara Ancalong, Kaliorang, Muara Wahau 1 dengan hasil madya, dan Sangkulirang predikat dasar.

“Tahun 2019 ada 9 Puskesmas lagi yang terakreditasi. Dengan hasil, Puskesmas Tepian Baru dan Batu Ampar  predikat utama. Puskesmas Sangatta Utara, Telen, Wahau 2, Muara Bengkal, Karangan, Busang dengan hasil madya. Sedangkan Puskesmas Sandaran dengan hasil dasar” ujarnya.

Bahrani kemudian merangkum di Kutim seluruhnya ada 3 Puskesmas dengan hasil akreditas utama adalah Puskemas Sepaso Kecamatan Bengalon, Tepian Baru Kecamatan Bengan dan Puskesmas Batu Ampar. Kemudian 16 Puskesmas dengan hasil madya diantaranya, Puskesmas Sangatta Utara, Telen, Wahau II, Muara Bengkal, Karangan, Busang, Teluk Lingga, Long Masengat, Sangatta Selatan, Kaubun, Kongbeng. Teluk Pandan Rantau Pulung, Muara Ancalong, Kaliorang dan Muara Wahau I. Selanjutya, dua Puskesmas dengan hasil dasar, yaitu Sangkulirang dan Puskesmas Sandaran.(hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here