Beranda Entertainment KBBKT Gelar Seminar Sejarah dan Budaya Banjar – Siapkan Daerah Sambut IKN

KBBKT Gelar Seminar Sejarah dan Budaya Banjar – Siapkan Daerah Sambut IKN

152 views
0

Ketua KBBKT H Ismunandar.(Wahyu Pro Kutim)

SAMARINDA – Unsur budaya dan Sejarah menjadi faktor vital dari maju tidaknya perkembangan suatu daerah agar lebih dikenal publik. Berkaca dari hal tersebut, KBBKT menggelar Seminar Nasional rangkaian acara Aruh Ganal bertema “Sejarah Dan Budaya Banjar Serta Peran Bubuhan Banjar Menyongsong IKN”. Kegiatan itu diselenggarakan di Hotel Mesra Samarinda, Sabtu (14/3/2020), dibuka Ketua Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (PW KBBKT) Ismunandar.

Pada kesempatan itu, Ketua PW KBBKT Ismunandar mengpresiasi seluruh panitia pengurus kegiatan aruh ganal dalam pelaksanaan seminar nasional tersebut. Ia pun mengatakan budaya banjar harus dilestarikan dan pelihara, karena sangat penting bagi pemuda agar dapat mengetahui kebudayaannya.

Ia pun menerangkan ditetapkannya IKN di Kaltim secara langsung percepatan pertumbuhan ekonomi, percepatan kota-kota di Kalimantan pada khususnya akan lebih berkembang. Jadi bubuhan banjar harus diarahkan agar tidak tergerus keadaan.

“Semoga IKN segera terwujud,” harap Ismu sapaan akrab Ismunandar.

Ismu pun mengatakan pembangunan di Kaltim menuju kota besar, jangan sampai Deforestasi berlebihan.

Sementara itu, Asisten III Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur Fatur Halim mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan, warga Kaltim dan bubuhan banjar yang ada di Kaltim patut bersyukur atas ditetapkan IKN di wilayah Kaltim tepatnya di antara Kukar dan PPU.

“Kaltim telah banyak berkontribusi dan menyumbangan sumber daya alamnya. Kali ini Kaltim menyumbangkan kembali tanahnya untuk IKN,” ucapnya.

Ia berharap seminar ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, terutama peran bubuhan banjar di kemudian hari.

Sebelumnnya, Ketua panitia acara Hamdani mengatakan dengan adanya acara ini para bubuhan banjar ini bisa mengetahui asal usulnya kesukuan banjar. Dan juga bubuhan banjar akan diberi kesiapan dalam menghadapi perpindahan IKN ke Kaltim.

“Para peserta pun berdatangan dari penjuru nusantara dan mancanegara, namun disayangkan akibat virus corona jadi sebagaian orang banjar tidak bisa hadir,” ujarnya.

Acara tersebut, dihadiri para sesepuh bubuhan banjar, pengurus-pengurus KBBKT, seluruh peserta bubuhan banjar, para akademisi, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. Seminar itu mendatangkan narsumber H M Rusli Masroen (Ketua Dewan Penasehat PW KBBKT, Datu DRS Ahmad Barji (Cendikia Kesultanan Banjar, M Barkati(Wawali Samarinda). Kemudian Mochammad Fadjroel Rahman (Jubir Presiden RI Joko Widodo), AM Fachir (Mantan Wamenlu RI) dan H Abd Rachim ( Mantan Rektor Universitas Widyagama). (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here