Beranda Kutai Timur Satu Warga Kutim Positif Corona – Pemkab Siapkan Dana Rp 1,3 Miliar...

Satu Warga Kutim Positif Corona – Pemkab Siapkan Dana Rp 1,3 Miliar Untuk Penanganan Pandemi 

793 views
3

Seskab Kutim Irawansyah saat press confrence di Ruang Rapat Bappeda Kutim terkait virus Corona.(ist)

SANGATTA- Seorang warga Kutai Timur (Kutim) dinyatakan positif tertular virus Corona (Covid 19). Hal itu dilaporkan langsung oleh Seskab Irawansyah saat melakukan jumpa pers bersama awak media di Ruang Rapat Bappeda Kutim, Jumat (20/3/2020).

Irawansyah mengatakan pasien dimaksud saat ini tengah dirawat intensif di Rumah Sakit Daerah Aji Muhammad Parikesit Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar). 

“Kami mewakili Bupati Ismunandar dari Pemkab Kutim mengimbau seluruh masyarakat Kutim mengurangi aktifitas diluar rumah,” jelas Irawansyah yang mengenakan masker dalam jumpa pers didampingi pejabat perwakilan Bappeda.

Irawansyah menambahkan kronologis pasien positif Corona asal Kutim ini disinyalir berinteraksi dengan korban meninggal Corona di Solo pada saat pertemuan dalam kegiatan keagamaan di Bogor, bulan lalu. 

“Benar ada warga kita yang positif Corona. Untuk itu kami dari pemerintah sekali lagi meminta masyarakat mengurangi kegiatan yang tidak dianggap perlu. Khususnya di luar rumah. Lakukan pola hidup bersih dan sehat. Jangan bepergian dalam waktu dekat atau hingga batas waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah,” imbaunya. 

Irawansyah dalam hal ini juga akan mengerahkan jajaran Satpol PP dan Dinas Pendidikan (Disdik) memperketat pemantauan kepada anak sekolah. Mengadakan sweeping ditempat keramaian yang ada di pusat kota. Karena pada dasarnya imbauan dalam surat edaran pemerintah bukan untuk berlibur.

“Melainkan proses belajar dipindah kerumah masing-masing,” ujarnya.

Irawansyah juga menginformasikan jika Pemkab Kutim tengah menggelontorkan dana sebesar Rp 1,3 miliar untuk penanganan kasus Corona. Mendukung operasional, biaya perjalanan, pengurusan sample virus ke Jakarta, biaya rawat inap, operasional perawat yang merujuk. Selain itu juga akan ada pengadaan kelengkapan bagi perawat yang mengobservasi terduga Corona sebelum dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditentukan Kemenkes RI. 

Terkait kelangkaan masker, Pemkab Kutim akan berkoordinasi dengan sejumlah tukang jahit. Sebagai solusi untuk membuatkan masker dengan bahan yang berkualitas terbaik, demi menjaga kesehatan masyarakat Kutim. (hms13)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here