Beranda Pemerintahan TP PKK Kutim Peduli Penanggulangan COVID-19 – Salurkan Bantuan Tandon dan Masker...

TP PKK Kutim Peduli Penanggulangan COVID-19 – Salurkan Bantuan Tandon dan Masker Untuk 18 Kecamatan

211 views
0


Ketua TP PKK Kutai Timur memberikan 1 unit tandon dan 1.000 masker untuk tiap-tiap Kecamatan di Kutim (IST)

SANGATTA– Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutai Timur (Kutim) turut berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Mendukung upaya penanggulangan dengan cara memberikan bantuan kesehatan untuk 18 pemerintah kecamatan se-Kutim. Berupa 18 unit tandon ukuran 700 liter (lengkap dengan kran) dan 18.000 lembar masker. Bantuan tersebut didistribusikan ke 18 kecamatan secara bertahap.

“Alhamdulillah untuk hari ini sudah tersalurkan di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Teluk Pandan. Masing-masing PKK kecamatan mendapatkan 1 tandon dan 1.000 lembar masker,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Hj Encek UR Firgasih belum lama ini.

Bantuan nantinya akan diperuntukan bagi pengurus dan anggota TP PKK kecamatan serta TP PKK Desa/Kelurahan hingga Dasawisma. Perempuan yang karib disapa Bunda Firga itu berpendapat, bantuan ini akan menjadi ajakan sekaligus mengedukasi masyarakat agar selalu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menggunakan tandon tersebut. Termasuk masker untuk menjaga kesehatan dan mencegah dari penularan virus.

“Kita ketahui bahwa salah satu program kegiatan PKK adalah PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Semoga bantuan ini dapat bermanfaat,” harap isteri Bupati Kutim Ismunandar tersebut.

Firga yang juga Ketua DPRD Kutim juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga stamina serta kesehatan tubuh. Dengan tetap rajin berolahraga, makan asupan makanan yang bergizi, cukup istirahat, minum vitamin dan menjaga kebersihan diri. Tak kalah penting adalah sering-sering mencuci tangan sesuai standar kesehatan guna menghindarkan diri dari penularan COVID-19.

“Memakai masker dan menjaga jarak, hindari berkumpul orang banyak atau pertemuan. Ikuti arahan pemerintah setempat, tetap tinggal di rumah bersama keluarga, moho kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala dan berdoa semoga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir. Masyarakat tetap harus dapat mengambil hikmahnya,” pinta Bunda Firga.

Sementara itu, Sekretaris PKK Kabupaten Kutim Yuwana Sri Kurniawati mengatakan, bantuan yang diberikan oleh organisasi wanita ini tentunya sangat bermanfaat. Jika melihat langkanya ketersediaan masker saat ini.

“Karena pemerintah mewajibkan penggunaan masker (bagi seluruh masyarakat), makanya kami bergerak membagikan ke semua kecamatan di Kutim,” ucap Yuwana.

Selain kegiatan tersebut, lanjut Yuwana, TP PKK Kutim juga melakukan sosialisasi PHBS, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan social distancing. Dia berharap dengan kerjasama dan gotong royong berbagai pihak serta kepatuhan masyarakat untuk social distancing hingga penerapan PHBS, dapat segera mengakhiri pandemi COVID-19 di bumi Indonesia.

Senada Ketua Pokja IV TP PKK Kutim Siti Fatimah mengatakan aksi solidaritas sosial organisasi ini tak lain dilakukan sebagai bentu peran aktif dalam melawan penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Sedangkan untuk penggunaan masker, mengapa saat ini diharuskan, itu karena saat ini ada yang namanya OTG atau orang tanpa gejala yang bisa menjadi positif tanpa gejala yang tampak. Makanya semua orang wajib untuk menggunakan masker,” ungkap Siti. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here