Beranda Infrastruktur Bupati dan Wabup Hadiri Musrenbang di Kecamatan Busang – Sektor Pertanian dan...

Bupati dan Wabup Hadiri Musrenbang di Kecamatan Busang – Sektor Pertanian dan Infrastruktur Jadi Usulan Para Kades

161 views
0

Bupati H Ardiansyah didampingi Wabup H Kasmidi Bulang saat menghadiri Musrenbang di kecamatan Busang. (Foto Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

BUSANG –  Perhelatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Busang yang dipusatkan di Desa Long Lees, menjadi ajang penyampaian usulan bagi para Kades di kecamatan tersebut. Sebagian desa mengusulkan sejumlah sarana dan prasarana pertanian.

Meski ada juga infrastruktur yang diharapkan bisa meningkatkan proses produksi dan peningkatan perekonomian masyarakat desa. Seperti Desa Rantau Sentosa dan Long Lees, mengusulkan bantuan sejumlah bibit pertanian seperti padi, bibit sawit dan pupuk serta sarana pertanian lainya.

Selain itu para kades juga mengusulkan berbagai program prioritas di desanya masing-masing. Mulai peningkatan infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan, pertanian dan perkebunan serta masalah perekaman  KTP Elektronik.

Menanggapi berbagai usulan yang disampaikan para kades tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, hendaknya Kepala Desa (Kades) juga bisa berkreasi untuk melaksanakan program-program tersebut. Program harus disinkronkan dan dipilih yang prioritas. Serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah atau bisa dicarikan jalan keluar melalui pola lain tapi tidak menyalahi ketentuan. 

“Seperti menjalin kerjasama dengan perusahaan yang ada,” kata Ardiansyah.

Sedangkan Wakil Bupati (Wabup) H Kasmidi Bulang mengatakan, program yang diusulkan para kades tersebut tidak mungkin bisa terakomodir seluruhnya apabila melihat dana pemerintah yang terbatas. Untuk itu, Wabup meminta agar perusahaan ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan di desa sekitarnya. 

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kutim Joni mengatakan, usulan program yang disampaikan para Kades di Busang ini, diharapkan sebagian bisa melalui pokir dari rekan-rekan Anggota Dewan. Khususnya sesuai Dapil yang ada di wilayah pedalaman Kutim. Pihaknya juga berharap koordinasi terus dilaksanakan sehingga program yang diusulkan dan dinilai prioritas dapat terakomodir meski tidak semuanya, mengingat keterbatasan anggaran yang tersedia. (hms2/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here