Beranda Kutai Timur Ini Dia Lima Isu Strategis Tantangan Pembangunan Menurut Bupati Kutim

Ini Dia Lima Isu Strategis Tantangan Pembangunan Menurut Bupati Kutim

97 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Guna menghadapi tantangan pembangunan Kutim kedepan, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, mengajak seluruh elemen untuk mencermati beberapa isu strategis.

Isu-Isu strategi dimaksud diantaranya, peningkatan infrastruktur untuk mendukung daya saing ekonomi. Tata kelola pemerintah yang akuntabel berbasis elektronik.

“Peningkatan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Penguatan teknologi informasi daerah dalam pelayanan publik. Peningkatan daya saing ekonomi berbasis sektor pertanian,” ungkap Ardiansyah Sulaiman, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kutim tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, Senin (12/4/2021) diruang Meranti, Kantor Bupati.

Ardiansyah mengatakan, berdasarkan, isu-isu strategis diatas dan RPJPD Kabupaten Kutim tahun 2006-2025 serta Ranwal RPJMD Kutim 2021-2026, serta memperhatikan rancangan tema pembangunan nasional dan Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial, maka tema pembangunan tahun 2022 yang diusung Pemerintah Kabupaten Kutim adalah “Peningkatan Infrastruktur Dasar untuk Mendukung Daya Saing Ekonomi Daerah”.

Berdasarkan tema itu, Ardiansyah mengatakan prioritas pembangunan pada tahun 2022 diarahkan pada beberapa poin yakni, peningkatan infrastruktur dasar, pemantapan aksesibiltas, peningkatan pemerataan dan kualitas layangan Kesehatan. Peningkatan kualitas layanan pendidikan. Pemantapan triple-agro (agribisnis, agroindustri dan agrowisata).

“Peningkatan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Tata Kelola pembangunan daerah yang adaptif menuju Smart City dan kesiapsiagaan dan mitigasi berbagai bencana serta tecovery pasca pandemic COVID-19,” terang Ardiansyah Sulaiman. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here