Beranda Nasional Pisang Kepok Grecek Kutim “Go International” – Ekspor Ke Malaysia, Amerika Hingga...

Pisang Kepok Grecek Kutim “Go International” – Ekspor Ke Malaysia, Amerika Hingga Iran

335 views
0

Pisang kepok grecek Kaubun dan Kaliorang yang akan diekspor dan dikirim melalui kontainer lewat kapal.(Ist)

KAUBUN – Perkebunan pisang di Kutai Timur (Kutim) kembali menuai hasil menjajikan. Belum lama ini pisang kepok grecek asal Desa Kadungan Jaya Kecamatan Kaubun dan Kaliorang diekspor ke Negeri Jiran Malaysia.

Pengiriman sudah dilakukan menggunakan truk kontainer dari Kaubun menuju Pelabuhan Peti Kemas Kariangau Balikpapan. Selanjutnya ke Jakarta dan dikirim ke Kuala Lumpur (ibu kota Malaysia),” kata Ketua Koperasi Taruna Bina Mandiri (TBM) Priyanto kepada Pro Kutim.

Ia menambahkan Koperasi TBM juga sudah melakukan ekspor pada 20 Juni 2021 lalu sebanyak 2 kontainer 20 feet yang mencapai 34 ton dan kembali pada 24 Juni 2021 sebanyak 2 kontainer 20 feet mencapai 36 ton.

Selain itu, pisang kepok grecek dari Kaltim akan memenuhi pemesanan ekspor perdana ke Amerika dan Iran dalam waktu dekat. Permintaan ekspor tersebut akan dilakukan kembali pada akhir Juni dan Juli mendatang.

“Dari Amerika akan dikirim 2 kontainer 40 feet akhir bulan dan ke Iran pada 7 atau 8 Juli 2021 sebanyak 1 kontainer 20 feet,” sebutnya.

Adapun untuk hingga akhir tahun 2021, ia menargetkan pengiriman pisang kepok grecek Kutim ke lima negara tujuan di seluruh dunia.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here