Beranda Video Gabungan OKP Bersih-Bersih Sungai Sangsel Bupati : Bakal Jadi Agenda Rutin

Gabungan OKP Bersih-Bersih Sungai Sangsel Bupati : Bakal Jadi Agenda Rutin

6 views
0

SANGATTA – Gabungan organisasi kepemudaan (OKP) dan masyarakat Kutai Timur (Kutim) melaksanakan aksi bersih-bersih sungai Sangatta. Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua DPD KNPI Kutim Felly Lung, perwakilan manajemen PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan lainnya.

Ketua Panitia Rony Effendi berharap kegiatan tersebut tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja. Tetapi menjadi agenda rutin. Dia mengatakan sebagai anak muda yang mempunyai tanggung jawab bersama-sama Pemerintah Kabupaten Kutim mewujudkan Sungai Sangatta yang bersih.

“Kegiatan hari ini bukan hanya bersih-bersih sungai, tetapi memberikan solusi dan dikelola bersama-sama masyarakat. Kita akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat untuk dapat mengelola serta memilah sampah. Sehingga nanti yang terangkut ke TPA (Tempat Pembangunan Akhir) hanya tinggal residunya saja,” ucap Roni.

Senada Ketua DPD KNPI Kutim Felly Lung mengatakan bahwa pemuda tidak hanya mengeluarkan gagasan, namun melahirkan narasi yang dilanjutkan dengan karya. Peran pemuda memastikan karya tersebut bertanggung jawab sehingga bisa berkelanjutan.

“Visi pemuda hadir bersama Pemerintah menata Kutai Timur untuk sejahtera untuk semua. Sehingga dalam implementasinya juga perlu dituangkan dalam karya yang berkelanjutan. Salah satunya Visi dan Misi ASKB dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” tutur Felly.

Dikatakan Felly, dalam RPJMD itu tertuang pengembangan Pariwisata dan Budaya. Pariwisata dan Budaya bukan hanya selogan, perlu ada langkah bersama agar bisa tercapai dengan baik.

“Kita percaya air adalah sumber sumber peradaban, sumber kehidupan dan percaya bersih adalah sebagian dari iman. Hari ini pemuda Kutim berkumpul dan bersatu untuk menunjukkan cahayanya untuk menunjukkan dayanya,” kata Felly

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah mengatakan kegiatan itu merupakan awal pertama untuk melakukan bersih-bersih. Selanjutnya bersih-bersih sungai Sangatta akan menjadi agenda rutin pemuda.

“Mudah-mudahan ini berlanjut sampai masyarakat sadar bahwa yang dibuang di sungai mengotori. Seperti sampah plastik pempers anak. Semoga kedepan tidak ada lagi yang membuang sampah di Sungai,” harap orang nomor satu di Kutim ini.

Lebih lanjut Ardiansyah menambahkan kedepan Pemerintah akan membangun disisi kanan dan kiri jembatan Sangatta tersebut. Yang nanti akan bisa menjadi daya dukung wisata sungai Sangatta.

“Disamping itu Pemerintah juga bakal membangun Pasar Induk Sangatta (PIS) Selatan. Direncanakan di sekitar Lapangan Garuda,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here