Beranda Sosial & Kesehatan Kunker ke Bengalon, Bupati Resmikan TPA Sampah

Kunker ke Bengalon, Bupati Resmikan TPA Sampah

187 views
0

SANGATTA- Jumat (17/9/2021) pagi tadi dimanfaatkan Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman untuk melalukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bengalon. Selain bersua dengan masyarakat, satu agenda yang dilaksanakan oleh Ardiansyah ialah meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Sepaso Timur.

Setelah adanya TPA sampah ini, Ardiansyah berharap kedepan tidak ada lagi masyarakat Bengalon yang membuang sampah sembarangan. Membuang di jalan atau di sungai maupun tempat lainnya.

“Intinya jangan ada lagi masyarakat yang buang sampah sembarangan. karena sudah disiapkan tempat pembuangan akhir sampah,” tegas Ardiansyah.

Semua Kepala Desa yang hadir dalam acara tersebut juga diminta untuk menyiapkan tempat pembuangan sementara (TPS) sampah. Sebelum sampah diangkut ke TPA. Agar manajemen pembuangan sampah lebih tertib, warga diimbau untuk membuang sampah hanya pada malam hari. Memastikan sampah sudah terbungkus agar tidak berhamburan dan menyulitkan petugas pengangkut.

Tak hanya itu, pemerintah kecamatan di instruksikan membentuk bank sampah di setiap RT atau Gang. Sebagai solusi daur ulang sampah sekaligus mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan.

“(Akan) Lebih baik sampah bapak atau ibu jangan sampai masuk kesini (TPA). Karena sebelum dibuang masih bisa dimanfaatkan,” saran Ardiansyah dihadapan undangan yang hadir.

Dalam acara yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ini, Camat Bengalon Suharman melaporkan beberapa hal. Yaitu, TPA yang diresmikan ini mampu menampung sampah dengan kapasitas 40.000 ton. Awal pembangunan TPA menggunakam dana CSR gabungan perusahaan. Khususnya perusahaan yang beroperasi di wilayah Bengalon.

“Sedangkan lahan yang digunakan untuk pembangunan TPA merupakan hibah dari masyarakat Bengalon seluas satu hektare,” jelas Cono, sapaan karib Suharman dihadapan stakeholder yang hadir.

Kemudian, sebagai daya dukung pengangkutan sampah ke TPA, di setiap desa sudah mempunyai mobil angkut yang didapatkan dari sumbangan beberapa perusahaan melalui bantuan CSR. Kedepan, lanjut Suharman, TPA ini akan dilengkapi tempat pengolahan sampah terpadu. Meliputi pemilahan, pengomposan serta mesin pencacah plastik. Sehingga sampah yang dihasilkan bisa dipilah-pilah dan dimanfaatkan kembali untuk masyarakat.

Turut serta dalam rombongan mendampingi Bupati antara lain, Asisten Perekonomian Pembangunan Suroto, Kepala Dinas Lingkungan hidup (LH) Aji Wijaya, Kepala Bapedda Surprihanto CES, Kasat Pol PP Didi Herdiansyah. Penyerahan 1 unit kendaraan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup kepada Camat Bengalon melengkapi kunjungan kerja orang nomor satu di Pemkab Kutim hari ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini