Beranda Pendidikan Tiga Pekan Berjalan, Dinkes Kutim Tak Temukan Kasus COVID-19 dari PTM Terbatas

Tiga Pekan Berjalan, Dinkes Kutim Tak Temukan Kasus COVID-19 dari PTM Terbatas

56 views
0

Kadinkes dr Bahrani saat diwawancarai awak media. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur (Kutum) dr Bahrani mengatakan sampai saat pihaknya belum menerima laporan penambahan kasus COVID-19 dari pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Padahal PTM terbatas di Kutim telah berjalan selama tiga pekan, terhitung sejak 20 September 2021.

“Sampai saat ini kita (Dinkes Kutim) belum menerima laporan. Tapi walaupun tidak ada penambahan kasus, kita tetap melakukan evaluasi PTM,” jelas Kadinkes Kutim dr Bahrani, Senin (11/10/2021) ditemui usai mendengarkan pidato Bupati, memperingati hari jadi ke 22 tahun Kabupaten, diruang Sidang Utama DPRD Kutim.

Kendati aman-aman saja, namun Bahrani tetap menyarankan agar dimasa pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ini masyarakat tetap waspada. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tidak melakukan tiga euforia. Yaitu terlalu gembira dengan kelonggaran PPKM. Kedua, jangan terlalu euforia dengan hasil vaksin. Dengan kata lain meskipun sudah mendapat vaksin, jangan coba-coba buka masker. Tiga, jangan euforia karena kebijakan yang lebih longgar.

“Mungkin karena kasus (COVID-19) kecil, kemudian PTM dilaksanakan tidak sesuai protokol kesehatan. Kita tetap tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan yang sudah kita canangkan dari dulu,” tegas Bahrani.

Satu hal yang juga coba diingatkan oleh Bahrani adalah agar Satgas COVID-19 dilingkungan sekolah lebih tegas menegakkan protokol kesehatan. Seperti mencegah kerumunan para orang tua siswa yang menunggu di luar sekolah. Selain menjadi contoh salah dalam implementasi protokol kesehatan, kerumunan tak disengaja ini juga berpotensi memicu penularan COVID-19.

“Ya kita minta sekolah memantau hal itu, jangan sampai ada klaster dari pelaksanaan PTM terbatas ini,” kata Bahrani. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here