Beranda Entertainment 22 Tim Kesenian Ikuti Pagelaran Tari Nusantara – Garapan Dispar Kutim, Meriahkan...

22 Tim Kesenian Ikuti Pagelaran Tari Nusantara – Garapan Dispar Kutim, Meriahkan HUT Kabupaten

59 views
0

Pembukaan Pagelaran Tari Nusantara oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Meski peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah berlangsung 12 Oktober 2021 lalu, namun kegiatan untuk memeriahkannya masih berlanjut hingga penghujung Oktober ini. 

Selama tiga hari, mulai 29 hingga 31 Oktober 2021, Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar  Pagelaran Tari Nusantara. Acara kesenian ini dipusatkan di Folder Ilham Maulana, Sangatta. Dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Jum’at (29/10/2021) sore.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengenakan batik nasional warna merah, saat tiba ditempat acara langsung disambut  antusias oleh masyarakat. Orang nomor satu di Pemkab Kutim itu dipakaikan blangkon oleh kelompok seni Jaranan Borneo Putro Legowo, sebagai salah satu komunitas seni yang tampil pada acara itu. Berikutnya, Bupati dan undangan lainnya bersama masyarakat Kota Sangatta disuguhkan tarian Jepen adat Kutai.

“Mudah-mudahan agenda ini merupakan agenda rutin tahunan, dalam rangka kita memberikan kesempatan kepada semua. Utamanya seni tari dapat memberikan hiburan kepada masyarakat,” harap Ardiansyah.

Ardiansyah mengatakan, pagelaran seni dan tari nusantara bukan hanya sekedar hiburan. Namun juga mengenalkan banyaknya budaya nusantara yang ada di Kutim. Dia mengajak semua pelaku seni budaya saling berinteraksi. Berkomunikasi dan bersilaturahim antar paguyuban.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah menjelaskan tujuan dari kegiatan ini selain memeriahkan peringatan hari jadi kabupaten, juga sekaligus sebagai ajang silaturahim untuk mempererat rasa kebersamaan antara etnis. Pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan untuk peserta dan undangan.

“Kegiatan ini akan menjadi salah satu agenda tahunan untuk memeriahkan HUT Kutim,” ungkap Nurullah. 

Dalam kegiatan ini, kata Nurullah, ada 22 tim kesenian yang memeriahkan Pagelaran Tari Nusantara. Diantaranya adalah etnis Dayak, Kutai, Bugis Jawa, Toraja, Minahasa dan lainnya.

Dia bersyukur kegiatan dimaksud mendapat apresiasi dan antusiasme dari masyarakat yang ikut kegiatan. Namun karena alasan keamanan dan kondisi pandemi COVID-19, maka pihak panitia membatasi jumlah peserta.

Pembukaan Pagelaran Tari Nusantara kali ini turut disaksikan Ketua DPRD Kutim Joni, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutim serta undangan lainnya.(hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here