Beranda Kutai Timur Komisi V DPR RI Kunjungi Pelabuhan Kenyamukan

Komisi V DPR RI Kunjungi Pelabuhan Kenyamukan

96 views
0

 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI saat mengunjungi Pelabuhan Kenyamukan. (Ist)

SANGATTA – Kunjungan ke Pelabuhan Kenyamukan menjadi salah satu agenda kerja rombongan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI saat mengunjungi Kabupaten Kutai Timur (Kutim), selain peninjauan jalan Nasional trans Kalimantan, Senin (20/12/2021).

Kedatangan wakil rakyat tersebut disambut Kepala Dinas Perhubungan Rizali Hadi serta jajaran. Saat tiba di Sangatta rombongan langsung melihat akses jalan menuju pelabuhan yang pembangunannya juga melibatkan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Saat di lokasi, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, Pemerintah Pusat sudah menyerahkan pembangunan pelabuhan kepada Pemerintah Daerah (Pemkab Kutim). Selain akses jalan, pembangunan yang akan dilanjutkan yakni menyelesaikan akses penghubung  atau causeway. Pembangunan sisi darat sebagai lokasi perkantoran akan segera menyusul.

“Kami (DPR RI) arahkan agar Kementerian PUPR bisa membantu itu dan Kementerian Perhubungan agar bisa melakukan intervensi langsung. Namun pekerjaan yang telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Kutim), tentu akan menjadi kewajiban kabupaten itu sendiri,” ucap Aras.

Direktur Kepelabuhan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Subagiyo menyatakan, sebenarnya dari sisi fasilitas Pelabuhan Kenyamukan dianggap sudah 50 persen. Banyak hal yang sudah siap, hanya tinggal akses jalan.

“Ini menjadi salah satu pelabuhan singgah tol laut, dari akses Pulau Jawa,” ucap Subagiyo.

Dia menambahkan, jika pelabuhan ini sudah bisa beroperasi, permasalahan jalan yang selama ini jadi kendala masyarakat bisa teratasi. Selanjutnya terkait aset pelabuhan, sambung dia, sudah dihibahkan ke Pemkab Kutim. Kementrian PUPR akan membantu untuk pembangunan dari sisi jalan.

Ditempat yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Irwan mengatakan, kedatangan rombongan komisi V adalah sebuah bentuk keseriusan mendukung pembangunan di daerah ini. Khusunya agar pelabuhan kebangangan warga Kutim ini segera bisa beroperasi. (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here