Beranda Keagamaan Pimpinan dan Dewas BAZNAS Kutim Dilantik – Pengurus Diminta Maksimalkan Zakat dan...

Pimpinan dan Dewas BAZNAS Kutim Dilantik – Pengurus Diminta Maksimalkan Zakat dan Hidupkan Program RLH

534 views
0

Momen saat Bupati Ardiansyah Sulaiman melantik Pimpinan dan Dewan Pengawas Badan Amil Zakat Nasional Kutai Timur. Foto: Wahyu Pro Kutim

SANGATTA – Pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) Badan Amil Zakat Nasional Kutai Timur (BAZNAS Kutim) resmi dilantik Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Kamis (17/3/2022) pagi. Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kutim, Nomor : 451.12/K.201-202/2022, tentang Pengangkatan Pimpinan BAZNAS Kabupaten Kutim periode 2022-2027.

Menjabat sebagai Ketua BAZNAS Kutim adalah H Masnif Sofwan, Wakil Ketua 1 M Imam Syafii, Wakil Ketua 2 Moh Abdullah. Wakil Ketua 3 Imam Wahyudi dan Wakil Ketua 4 Hj Narwa Abdul Latif. Kemudian sebagai Ketua Dewas H Abdul Kader, Sekretaris Imam Nur Fakeh dan Anggota Amrullah Cake. 

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman usai melantik mengatakan, BAZNAS Kutim pernah menjadi percontohan di Kaltim dalam pengelolaan zakat pada 2012 lalu. Melalui Perbup, BAZNAS Kutim bisa mengambil zakat-zakat dari pegawai, masyarakat dan sebagainya. Selanjutnya mendistribusikannya kepada penerima yang berhak. Agar sesuai konsep zakat yakni bisa menyejahterakaan masyarakat.

“Selain itu, kita (Pemkab Kutim) dulu punya program yang cukup bagus,” ujar Ardiansyah. 

Ia berharap pada kepemimpinan yang baru ini bisa mengembalikan kejayaan BAZNAS seperti dulu. Supaya pembangunan yang ada di Kutim bisa terus berkembang. Dia menegaskan BAZNAS tidak boleh tinggal diam. Harus mengambil bagian dalam program-program menyejahterakan rakyat. Misalnya saat pemerintah menjalankan program pembangunan rumah layak huni (RLH), BAZNAS juga memiliki program sendiri yang serupa. Sebab, dulu BAZNAS Kutim pernah melakukannya. Bahkan sudah banyak RLH yang terbangun melalui program BAZNAS.

“Jadi, masyarakat betul-betul bisa merasakan manfaatnya,” urainya pada kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Pj Seskab Kutim Yuriansyah, Kepala Kemenag Kutim H Nasrun, Wakil Ketua 1 BAZNAS Kaltim H Miswan Thahadi, Anggota DPRD Kutim Sobirin Bagus, beberapa Kepala OPD.

Terakhir di hadapan perwakilan FKPD dan undangan lainnya yang hadir, Ardiansyah meminta kepada pimpinan BAZNAS yang baru ini untuk berimprovisasi dalam mengeluarkan dan mengambil zakat dari masyarakat. 

Ditemui usai dilantik, Ketua BAZNAS Kutim H Masnif Sofwan mengaku siap menyesuaikan program kerja dengan visi misi Pemkab Kutim. Yakni “Menata Kutim Sejahtera Untuk Semua”. Segala arahan terkait program yang diminta oleh bupati bakal direalisasikan di masa kepemimpinannya. 

“Seperti program beasiswa akan digulirkan, pengentasan kemiskinan sudah pasti dan segala pemberdayaan yang paling utama,” ucap Masnif. 

Ia mengatakan program-progam yang sudah ada juga bakal ditata kembali. Kemudian membangkitkan kepercayaan para muzakki untuk kembali berzakat di BAZNAS Kutim. BAZNAS Kutim akan kembali mengimplementasikan Perbup Kutim terkait pengelolaan zakat.

“Kembali menghimpun zakat teman-teman ASN. Juga nantinya di perusahaan kita masuk ke sana,” pungkasnya. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here