Beranda Entertainment Pemkab Kutim Mulai Seleksi Paskibraka – Diikuti 40 Peserta, Berlangsung di GOR...

Pemkab Kutim Mulai Seleksi Paskibraka – Diikuti 40 Peserta, Berlangsung di GOR Kudungga

162 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman saat menyematkan tanda peserta kepada dua perwakilan siswa yang mengikuti seleksi Paskibraka. (Fuji Prokutim)

SANGATTA- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mulai melakukan seleksi putra putri terbaiknya untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2022 nanti. Seleksi ini istimewa karena dibuka langsung ole Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman di GOR Kudungga, Jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Utara, Selasa (17/5/2022). Pembukaan seleksi turut dihadiri sejumlah pejabat. Mulai dari Kadispora Kutim Basrie hingga pejabat struktural dan fungsional lingkup Dispora.

“Dalam kesempatan ini saya berharap anak-anak (calon anggota Paskibraka) sekalian, mampu untuk memberikan yang terbaik. Berlomba menunjukkan yang terbaik. Sehingga saudara sekalian dengan mudah untuk dapat penilaian dari pada panitia seleksi,” kata Bupati menyemangati seluruh peserta.

Maksudnya memberikan yang terbaik adalah agar proses seleksi berjalan sesuai harapan. Berikutnya panitia seleksi mudah menentukan siapa yang akan menjadi Paskibraka nasional, Provinsi Kaltim dan tingkat Kabupaten Kutim.

Pembukaan seleksi calon anggota Paskibraka Nasional, Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kutim di GOR Kudungga. (Fuji Prokutim)

Ardiansyah mengingatkan bahwa menjadi Paskibraka adalah tugas Negara yang diamanatkan di dalam peraturan perundang-undangan, terkait dengan pengibaran bendera pada saat 17 Agustus setiap tahun. Sejak dulu, sekarang dan masa yang akan datang. Tak kalah penting menurut Ardiansyah yakni tetap bercermin pada para pembina Paskibraka atau para Purna Paskibraka. Sebab seleksi calon Paskibraka ini merupakan regenerasi dari generasi-generasi terdahulu.

“Sesungguhnya Paskibraka ini adalah proses kepemimpinan yang secara langsung atau tidak langsung ada di dalam benak anda, siap untuk melakukan itu. Terakhir saya harapkan anda semua bisa mengikuti dengan baik. Persiapkan diri dengan baik, persiapkan mental dengan baik. Semoga semuanya bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan,” tutup Bupati dihadapan para pembina Paskibraka seperti dari Dispora, Kodim 0909/Sgt, Lanal Sangatta dan Polres Kutim.

Sebelumnya Ketua Panitia Joni Abdi Setia melaporkan kepada Bupati, bahwa seleksi Paskibraka tahun ini diikuti oleh 40 siswa siswi terbaik perwakilan dari SMA dan sederajat se-Kutim. Tim yang terlibat langsung pada seleksi ini adalah Dispora, Kodim 0909/Sgt, Polres Kutim, Lanal Sangatta, Dinkes serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kutim.

“Pelaksanaan seleksi Paskibraka tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten ini dilaksanakan sejak Selasa sampai Rabu, 17-19 Mei 2022 di GOR Kudungga, Kutai Timur,” jelas Joni yang merupakan Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kutim tersebut.

Penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan siswa menandai dimulainya seleksi calon Paskibraka kali ini. Sebelum bertolak kembalik ke Bukit Pelangi, Bupati beserta pejabat lainnya menyempatkan diri berfoto bersama dengan para peserta seleksi Paskibraka. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here