Beranda Nasional Pemkab Kutim Ikuti Rakor Pokja Ketahanan Pangan Se-Kaltim – Mencari Terobosan Agar...

Pemkab Kutim Ikuti Rakor Pokja Ketahanan Pangan Se-Kaltim – Mencari Terobosan Agar Kebutuhan Pokok Tercukupi

59 views
0

Momen Gubernur Kaltim H. Isran Noor saat membuka Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Ahli Ketahanan Pangan Kaltim di Ballroom Blue Sky Hotel Balikpapan.( Wahyu Pro Kutim

BALIKPAPAN – Rapat Koordinasi Kelompok Kerja (Rakor Pokja) Ahli Ketahanan Pangan Kalimantan Timur (Kaltim) di Ballroom Blue Sky Hotel Balikpapan, Senin (30/5/2022) malam turut dihadiri pejabat perwakilan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim. Dari Kutim mewakili Bupati adalah Plt Asisten Perekonomian Pembangunan (Ekobang) Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim Akhmad Fauzan. Saat hadir ia didampingi Kadistan Kutim Dyah Ratnamingrum.

Rakor ini dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor. Saat itu dia menyebut pangan adalah urusan yang terus menerus diupayakan, ditangani dan harus diselesaikan oleh pemerintah. Meski pun faktanya urusan pangan tidak akan pernah selesai karena menyangkut kebutuhan pokok manusia.

“Urusan pangan adalah urusan hajat hidup orang banyak. Disepanjang manusia itu terus berkembang maka kebutuhan akan pangan pun ikut tumbuh dan berkembang,” tegas Isran Noor yang pernah menjabat sebagai Bupati Kutim hampir dua periode.

Di hadapan seluruh peserta, Isran menyebut pangan adalah komoditas yang sangat strategis dan dibutuhkan manusia sampai kapan pun. Bahkan, lanjut orang nomor satu di Pemprov Kaltim ini, jika sampai terjadi kekurangan pangan dalam suatu daerah atau pun negara, maka bisa menimbulkan kekacauan.

“Soal pangan bisa mengakibatkan kegoncangan stabilitas bahkan ketidakamanan hingga membahayakan suasana kedamaian,” jelasnya.

Karena itu, penting bagi para ahli ketahanan pangan mencari cara atau terobosan agar kebutuhan pokok manusia satu ini cukup ketersediaannya. Tentunya dengan harga yang terjangkau. Beruntungnya, potensi lahan dan keunggulan wilayah yang dimiliki bangsa Indonesia, tidak terkecuali Kaltim sangat baik dan produktif.

“Kita tidak bicara negara atau orang lain. Tapi, Kalimantan Timur ini, Indonesia negara kita cintai ini, sudah dianugerahi tanah, lahan atau kawasan yang sangat potensial untuk memproduksi pangan,” jelas Isran selaku Ketua Pengarah Pokja Ahli Ketahanan Pangan Provinsi Kaltim.

Maka sekaranglah saatnya para pakar dan ahli bisa merumuskan upaya terbaik untuk memacu pengembangan pangan di Kaltim bahkan Indonesia untuk menyokong waktu yang akan datang. Mulai dari bagaimana mengelolanya, meningkatkan keunggulan lahan dan kawasan untuk ketahanan pangan daerah bahkan nasional.

Sekedar diketahui, rakor secara hybrid tersebut dirangkai penyerahan piagam penghargaan Ketahanan Pangan dan Peningkatan Kinerja Ketahanan Pangan kepada kabupaten dan kota di Kaltim. Kegiatan berlangsung selama dua hari, sejak 30-31 Mei 2022. Mengusung tema “Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan Mendukung Kaltim sebagai Penyangga Ketahanan Pangan Ibu Kota Nusantara”.

Acara ini turut menghadirkan pejabat Badan Pangan Nasional Dr Andriko Noto Susanto, TGUP3 Kaltim, Kadivre Bulog Kaltimtara, Ketua Pokja Ahli Ketahanan Pangan Kaltim Profesor Bernatal Saragih, Bupati Paser Fahmi Fadli, Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdam, Wakil Wali Kota Bontang Hj Najirah, pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim serta kabupaten dan kota. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here