Beranda Kutai Timur Bea dan Cukai Sangatta Dukung Percepatan Operasional KEK MBTak dan Sail Sangkulirang

Bea dan Cukai Sangatta Dukung Percepatan Operasional KEK MBTak dan Sail Sangkulirang

216 views
0

SANGATTA-  Percepatan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK-MBTK) mendapat dukungan dari Bea dan Cukai Sangatta. Hal ini disampaikan Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman usai menerima audiensi jajaran Bea Cukai Sangatta di ruang kerjanya, Kamis (9/6/2022). 

“Pada pertemuan ini Bea dan Cukai Sangatta melaporkan rencana kunjungan kerja Kementerian Keuangan dan ESDM ke Kutai Timur pada akhir Juni mendatang. Kemudian hasil Forum Group Discussion (FGD) antara Dinas Penanaman Modal- Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) bersama Bea dan Cukai Sangatta terkait optimalisasi KEK-MBTK, siap mendukung Sail Sangkulirang. Saya senang sekali dan berterima kasih. Ini adalah kerjasama yang penting guna mendukung program -program pembangunan di Kutim,” ujar Ardiansyah. 

Sementara itu, Kepala Kantor Bea dan Cukai Sangatta, Benny Wismo Noegroho usai pertemuan tersebut melaporkan bahwa pihaknya telah melaksanakan FGD dengan Dinas PM-PTSP dan siap bersinergi dalam pengoperasian KEK-MBTK. Kemudian Direktorat Bea dan Cukai siap menyukseskan Sail Sangkulirang 2024. 

Selain itu Benny Noegroho juga melaporkan rencana kunjungan Kementerian ESDM dan Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan pada 21 Juni 2022.

“Pada intinya, pertemuan dengan bapak bupati ini guna melaporkan kegiatan yang sudah dan akan kami lakukan. Diantaranya rencana kunjungan kerja Kementerian ESDM dan Dirjen Bea dan Cukai ke Kutim terkait peningkatan penerimaan negara dari sektor pertambangan, sekaligus meninjau lokasi pertambangan di PT KPC,” jelas Benny. 

Kemudiian menyangkut operasional KEK-MBTK, Bea dan Cukai akan bersinergi dengan Dinas DPM-PTSP untuk mengakselerasi. Khususnya kegiatan ekspor- impor yang ada di Pelabuhan Internasional Maloy. Kegiatan di KEK-MBTK adalah lintas kementerian dan juga berurusan dengan kewenangan Pemerintah Pusat maupun daerah. Pada titik ini, Bea dan Cukai hadir untuk bersinergi guna mengakselerasi operasional KEK-MBTK khususnya kegiatan ekspor-impor.

“Dukungan itu berupa hadirnya Kantor Pos Pengawasan Bea dan Cukai di Sangkulirang yang berfungi selama 24 jam untuk memonitor kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Maloy,” jelas Benny. (kopi4/kopi3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here