Beranda Kutai Timur 130 Mahasiswa UGM dan Unmul KKN di Kutim – Wabup Minta Ciptakan...

130 Mahasiswa UGM dan Unmul KKN di Kutim – Wabup Minta Ciptakan Inovasi Untuk Masyarakat

89 views
0

Foto bersama Wakil Bupati Kutim H. Kasmidi Bulang dengan Mahasiswa UGM dan UNMUL di Halaman kantor Bupati (foto Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA- Sebanyak 130 Mahasiswa dari dua perguruan tinggi ternama di Indonesia yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa desa yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Keberangkatan ratusan mahasiswa tersebut dilepas oleh Wakil Bupati  (Wabup) Kutim H Kasmidi Bulang, di Halaman Sekretariat Kabupaten, di Bukit Pelangi, Senin (27/6/2022).

Sebelum melepas, Kasmidi memjelaskan, Kutim yang mempunyai luas wilayah setara Provinsi Jawa Barat plus Banten tersebut, dihuni oleh masyarakat dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Sehingga keberagaman budaya dan adat istiadat tentunya juga banyak.

“Selamat datang di Kutai Timur, InsyaAllah nggak sesat kalau di sini, masyarakatnya juga enak (mudah) dibina, apa lagi didatangi orang-orang hebat seperti adik mahasiswa ini,“ ujarnya dihadapan Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi, Kepala DPMPDes Yuriansyah serta undangan yang hadir.

Kasmidi meminta kepada seluruh peserta KKN agar berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Khususnya menyangkut program kerja yang memang perlu melibatkan pemerintah dan berkelanjutan. Agar bersinergi dengan program KKN yang bertujuan untuk menciptakan inovasi, mendampingi dan mengedukasi masyarakat.

“Harapan saya tidak muluk-muluk terkait programnya, tapi berikan yang terbaik bagi masyarakat. Karena mereka sangat bangga apabila ada orang terpelajar datang di desa mereka,“ ujarnya.

Tak lupa, orang nomor dua di Pemkab Kutim itupun memberikan apresiasi sekaligus penghargaan bagi kedua universitas ternama tersebut. Karena sudah memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk melakukan pengembangan kompetensi sosial dan  kepribadian. Serta bisa berinteraksi dengan masyarakat Kutai Timur.

“Kalau bisa ke depan semua kecamatan di jadikan tujuan para mahasiswa untuk KKN, “ pungkasnya.

Sebelumnya, perwakilan kampus UGM Multazam Haniffurahman menjelaskan, sebanyak 28 mahawiswa dari berbagai jurusan yang tergabung dalam Tim Kutai Bersorai KKN PPM UGM angkatan 2019, akan melakukan kegiatan KKN di dua desa di Kecamatan Kaubun. Yakni Desa Bumi Etam dan Bumi Rapak. Masing-masing desa difokuskan menjadi beberapa kegiatan. Diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa tersebut.

“Alhamdulillah kami ucapkan kepada pemerintah daerah yang sudah men-support (mendukung) kami secara penuh. Mulai dari kedatangan sampai kami berada di sini (Kutim),” ucapnya.

Muhammad Arifin, Ketua Panpel KKN Unmul angkatan 48 mengatakan, secara keseluruhan untuk tahun ini kampus memberangkatkan sebanyak 2581 mahasiswanya. Untuk melaksanakan kegiatan KKN di seluruh Kabupaten- Kota yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim). Khusus di Kutim, Unmul mengirim sebanyak 103 mahasiswa yang akan di tempatkan di 3 kecamatan.

“Sangkulirang, Teluk Pandan dan Kaubun,” ujarnya. (kopi6/kopi3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here