Calhaj Kutim di Embarkasi Haji di Balikpapan. (Ist)

BALIKPAPAN –  Sebanyak 83 calon haji (calhaj) asal Kutai Timur (Kutim) telah tiba di Embarkasi Haji di Balikpapan pada Kamis (30/6/2022) sore pukul 18.00 WITA. Melalui perjalanan darat dari Kota Sangatta dengan menggunakan 2 unit bus. Tiba di Embarkasi Haji, jamaah langsung diarahkan ke Aula Jabal Rahmah dan bergabung dengan rombongan dari jamaah asal kota Balikpapan berjumlah 21 orang. Kemudian menerima gelang identitas, living cost, paspor serta pemeriksaan kesehatan yang semuanya dilakukan di satu tempat.

Selain dari itu, calhaj yang tergabung dalam kloter 8 saat tiba di Embarkasi Haji kemudian diserahterimakan dari panitia daerah, ke panitia ibadah haji Embarkasi. Untuk kemudian menjalani masa karantina selama 24 jam.

Selama masa karantina ini, maka calhaj akan mendapat berbagai pembekalan. Seperti pembinaan manasik dan disamping itu juga ada pemantapan petugas yang turut diberangkatkan. Yakni petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) maupun Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). 

Kepala UPT Embarkasi Haji Balikpapan, H Mukhtar menerangkan bahwa selama berada di Embarkasi Haji ada beberapa kamar asrama yang dapat digunakan untuk beristirahat dengan baik. Guna memulihkan tenaga kembali setelah menempuh perjalanan darat yang cukup jauh dari Sangatta ke Balikpapan.

“Diharapkan, seluruh jamaah haji asal kloter 8, tetap menjaga kesehatannya serta pulang ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur nantinya,” harapnya. 

Adapun selama masa karantina 24 jam sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, para calhaj Kutim tetap didampingi oleh panitia ibadah haji daerah yang dikoordinir oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Mulyadi Mughni dan jajarannya. Jadwal keberangkatan pada 1 Juli pukul 22.00 WITS melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here