Beranda Kutai Timur Seskab Minta Aparatur Desa Ikut Bangun Data Base Pertanahan Terintegrasi

Seskab Minta Aparatur Desa Ikut Bangun Data Base Pertanahan Terintegrasi

126 views
0

Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi memberikan arahan sekaligus menutup acara Bimtek Gelombang I (Foto Ist)

SANGATTA – Usai sudah Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengukuran, Pemetaan dan Pengolahan Data Geospasial untuk Aparatur Pemerintahan Desa, Kelurahan, dan Kecamatan Gelombang I di Kantor Bupati Kutim pada Kamis (7/7/2022) malam lalu. Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi mengatakan, materi-materi spesifik diharapkan dapat diaplikasikan oleh 51 peserta dari 11 Kecamatan.

“Penting, karena untuk mencegah sengketa pertanahan melalui penataan administrasi pertanahan dan pembangunan data base pertanahan terintegrasi. Bimtek ini merupakan upaya penguatan kapasitas sumber daya aparatur pengadministrasi pertanahan. Baik itu dari tingkatan desa, kelurahan, maupun kecamatan,” terang Rizali Hadi.

Dilanjutkan Seskab Kutim, dengan waktu materi yang secara keseluruhan diberikan sebanyak 16 jam. Maka para peserta pelatihan yang mendapatkan dasar pemetaan, dasar pengukuran, pengetahuan dasar pengolahan data geospasial, maupun praktik pengukuran dan pemetaan, merupakan kepanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Kutim di masing-masing kecamatan hingga desa. Untuk penataan adminstrasi pertanahan dan pembangunan data base pertanahan terintegrasi.

Saat penutupan, hadir pula narasumber Bimtek mulai Kepala Bagian Tata Pemerintahan Trisno, Agus Gazali Sumantri Analisis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Administrasi Kewilayahan, Ricky Hermawan Teknisi Sistem Informasi Geografis, Heriansyah Analis Batas Wilayah, dua orang asisten surveyor pertanahan, serta puluhan peserta Bimtek. 

Plt Kabag Pemerintahan Setkab Kutim Trisno menambahkan, kegiatan ini dibagi dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama penutupannya dilakukan oleh Seskab Rizali Hadi dengan peserta sebanyak 51 orang.

Seluruh peserta dari 11 Kecamatan di Kutim, menunjukkan kebersamaan di malam penutupan kegiatan Bimtek I. Mereka berfoto bersama dengan Seskab Rizali Hadi dan Kabag Tata Pemerintahan Setkab Trisno. (Foto Ist)

“Gelombang II Bimtek akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 Juli mendatang, yang mana peserta berasal dari 7 kecamatan di Kutim. Dengan peserta sebanyak 57 orang, sehingga dari gelombang pertama maupun kedua mendatang ada sebanyak 108 peserta,” terang salah-satu narasumber Bimbingan Teknis ini. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here