Beranda Pemerintahan Masuki Usia ke-35, Wanasari Terus Maju Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Masuki Usia ke-35, Wanasari Terus Maju Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

42 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam momen pemotongan tumpeng dan membawakan satu lagu isabela dalam kemeriahan hari jadi ke-35 Desa Wanasari. Foto: Irfan/Pro Kutim

MUARA WAHAU  – Rangkaian puncak hari jadi ke-35 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau tampil semarak dengan persembahan tari-tarian Jepen hingga kesenian tradisional campur sari dari Indonesia Mini. Kemeriahan syukuran hari jadi desa ini dipusatkan di area Gedung Indoor BPU Desa Wanasari, Jumat (29/7/2022). 

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menegaskan, hari ini dalam kondisi peralihan COVID-19. Namun  COVID-19 masih ada meskipun dari sisi kesehatan dampaknya kecil dibandingkan dengan kemarin, tapi tetap prokes. 

Dalam arahannya, Ardiansyah mengatakan bahwa secara umum Muara Wahau terus sejahtera. Karena ditunjang dengan perkebunan sawitnya yang sangat luas. 

“Tetap maksimalkan dengan kegiatan lain salah satunya dengan pagelaran event. Saya apresiasi sudah bisa menampilkan kesenian campur sari Jawa di bawah arahan Pak Sutarno. Kesenian ini bisa menjadi bagian dalam kemeriahan hari jadi ke-35 Desa Wanasari. Ini memang sudah sesuai arahan Presiden RI Bapak Jokowi untuk menggeliatkan secara masif event di daerah,” tegasnya didampingi Kepala DPMD Kutim Yuriansyah, Kepala Diskop dan UMKM Kutim Darsafani dan sejumlah undangan yang hadir. 

Ia menambahkan dari event ini juga bisa dikolaborasikan dengan peningkatan UMKM. Karena hal ini sudah sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI Jokowi. Jangan sampai ada warga yang tidak terlibat, maksimalkan. Karena warga adalah basis ekonomi kerakyatan.

“Barusan, saya meninjau Pujasera Wanasari yang dikelola Bumdes bekerja sama dengan pelaku UMKM. Satu tahun pendapatannya bisa mencapai Rp 70 juta yang menjadi pendapatan asli desa,” urainya. 

Lebih jauh, event UMKM bisa juga dipadukan dengan gelaran seni budaya ataupun wisata untuk meningkatkan pendapatan desa. Ardiansyah berharap Desa Wanasari terus berdedikari menghidupkan iklim perekonomian. Seperti kegiatan Bumdes dan masyarakat menjadi lebih hidup

Sementara itu, Kepala Desa Wanasari Mahmud mengutarakan dalam momen usia hari jadi ke-35 ini mengambil tema “Mari Bersama-Sama Membahu Memajukan Desa Dengan Hati Ikhlas dan Kerja Nyata. 

“Dengan ini kami laporkan lewat tema ini, warga kami terus hidup sejahtera dan damai. Tempat kami ini memang Indonesia Mini, seluruh suku lengkap ada di sini. Kami terus solid dan kompak dalam memajukan perekonomian rakyat sesuai dengan arahan bupati,” terangnya. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here