Beranda Keagamaan Perjuangan Generasi Muda Islam, 1.000 Pelajar Meriahkan Pawai Muharram

Perjuangan Generasi Muda Islam, 1.000 Pelajar Meriahkan Pawai Muharram

76 views
0

Seskab Kutim Rizali Hadi saat melepas bendera start pawai muharram yang diikuti 1.000 pelajar Kota Sangatta. Beberapa pernak-pernik kreatif pawai ditampilkan para peserta. Foto: Irfan/Pro Kutim

SANGATTA – Momentum perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H dimanfaatkan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kutim bekerja sama dengan BKPRMI menggelar event pawai muharram pada Sabtu (30/7/2022), setelah vakum akibat pandemi COVID-19.

Pawai muharram ini pun disambut antusias oleh para peserta yang sudah sejak pagi mulai pukul 07.00 Wita sudah bersiap melakukan parade di jalan protokol Kota Sangatta.

Sebelum mengangkat bendera start pawai, dalam arahannya Seskab Kutim Rizali Hadi mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan bertepatan dengan momen di awal Tahun Baru Islam ini, ia mengajak kepada seluruh peserta dan warga yang hadir menonton pawai untuk menjadikan peringatan 1 Muharram 1444 H sebagai ajang lebih meningkatkan kualitas hidup.

“Momen muharram, kita terus mempertebal keimanan dan ketakwaan Allah SWT. Saya pun sangat mengapresiasi kepada panitia pelaksana sudah bisa melakukan gelaran pawai ini mengingat sebelumnya kegiatan seperti ini ditiadakan karena dalam beberapa tahun lalu dibatasi oleh pandemi COVID-19,” jelasnya.

Namun, Rizali tetap mengingatkan dalam pawai ini tetap mengedepankan prokes karena COVID-19 belum benar-benar hilang dan masih dalam proses peralihan, tetap mengenakan masker.

Lebih jauh, ia berpesan kepada seluruh peserta yang umumnya terdiri dari pelajar di Kota Sangatta juga bisa meningkatkan prestasi dan nilai ibadah.

“Jadikan momen pawai muharram ini sebagai bekal generasi muda masa depan dalam melanjutkan perjuangan Islam. Selain itu, ini jadi sarana rekreasi wisata sekaligus berolahraga dengan berjalan kaki mengikuti rute pawai,” terangnya.

Sementara itu, dalam laporannya mewakili Ketua PHBI Kutim yakni
Syamsudin Sena mengutarakan jika kegiatan pawai ini melibatkan para pelajar mulai dari TK/TPA, SD/MI hingga SMP/MTS dengan 60 regu.

“Setiap satu regu berjumlah 15 hingga 21 orang. Jika ditotal berjumlah di kisaran 1.000 pelajar,” terangnya.

Rute yang dilalui, start dari Jalan Pendidikan depan SMPN 1 ke Jalan Yos Sudarso kemudian masuk ke Gang Permai. Dilanjutkan ke Gang Inpres dan finish di Kantor Camat Sangatta Utara.

Ia pun mengharapkan rangkaian pawai muharram ini bisa eksis kembali, mengingat terakhir digelar pada 2018. Selanjutnya tidak ada gelaran pawai karena adanya pandemi COVID-19 sejak 2019. Baru, di 2022 kembali dimulai.

“Ke depan, kami harap gelaran pawai kian menarik dengan adanya piala bergilir. Khusus, tahun ini panitia menyiapkan hadiah untuk pemenang berupa uang pembinaan dengan total mencapai Rp 30 juta dan tropi. Nantinya, penyerahan hadiah pemenang akan diberikan pada momen perayaan HUT ke-77 kemerdekaan RI,” jelasnya. (Kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here