Beranda Kutai Timur Jangan Sampai Punah, Disbud Kutim Lakukan Upaya Pelestarian Seni Asli Daerah

Jangan Sampai Punah, Disbud Kutim Lakukan Upaya Pelestarian Seni Asli Daerah

44 views
0

Asisten Administrasi Umum Jamiatulkhair Daik saat memberikan sambutan. Foto: Eben/Pro Kutim

SANGATTA- Asisten Administrasi Umum Setkab Kutim Jamiatulkhair Daik mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menghadiri kegiatan pelatihan seni budaya yang digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) Kutim. Turut hadir Anggota DPRD Kutim Masdari Kidang serta Sekretaris Disbud Kutim M Rodiansyah.

Kegiatan pelatihan ini mengambil tema mewujudkan keterampilan dalam pelatihan seni menuju Kutim berbudaya. Pelatihan terselenggara di Teras Belad Cafe dari 3 – 8 Oktober 2022.

Peserta yang hadir terdiri dari seniman, siswa, serta tenaga pengajar di Kutim. Tujuan kegiatan ini meningkatkan kemampuan serta memperkenalkan budaya Kutim itu sendiri. Pelaksanaan pelatihan terdiri dari beberapa bidang yaitu Seni Tarsul (Bertutur), Lukis, Tari Pesisir, Film Pendek, Tari Pedalaman, serta Teater.

Dalam kesempatan itu, Jamiatuldaik mengajak masyarakat agar melestarikan serta menjaga eksistensi seni asli daerah agar tidak punah dikemudian hari. Dirinya juga mengatakan dalam Sail Sangkulirang 2024 nanti adalah kesempatan memperkenalkan budaya Kutim ke masyarakat luas.

“Kita mesti bangga, karena warisan leluhur kita diakui dan dibanggakan seluruh dunia. Terbukti dari eksistensi tari pesisir yang diakui dunia” ucap Jamiatuldaik.

Ia pun mengatakan peran masyarakat sangat dibutuhkan karena dianggap sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang efektif dalam memperkenalkan kebudayaan Kutim.

“Bantuan masyarakat sebagai agen yang menyebarkan kesenian asli daerah,” tegasnya. (Kopi12/Kopi13/Kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here