Beranda Kutai Timur Anggota DWP Kutim Dilatih Daur Ulang Sampah – Jadi Eco Enzyme dan...

Anggota DWP Kutim Dilatih Daur Ulang Sampah – Jadi Eco Enzyme dan Eco Bircks

39 views
0

Suasana pelatihan daur ulang sampah rumah tangga menjadi exo enzyme dan eco bircks gelaran DWP Kutim. Foto: Bella Pro Kutim

SANGATTA – Upaya meningkatkan keterampilan dan menambah pengetahuan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pelatihan daur ulang sampah rumah tangga untuk dijadikan eco enzyme dan eco bircks. Pelatihan ini dipandu oleh narasumber Nurul M Karim dan Yuni Rahayu. Kegiatan digelar di Gedung Dharma Wanita Bukit Pelangi, Senin (14/11/2022).

Dalam pelatihan ini turut dihadiri oleh perwakilan 42 DWP perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kutim.

Saat membuka kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono mengatakan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP Kutim.

“Tentunya pelatihan ini sangat membantu mengurangi pencemaran lingkungan, khususnya terkait persampahan yang 60 persen merupakan sampah organik,” tegasnya.

Ditambahkan Poniso, pelatihan ini diharapkan kepada ibu-ibu dapat melakukannya di rumah sehingga dapat menjadi contoh bagi tetangga sekitar.

“Karena untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat semua harus berperan dan berkolaborasi dengan baik,” urainya.

Sementara itu, Ketua DWP Kutim Lisnawarty Rizali Hadi menyampaikan tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk menjalin tali silaturahmi antar anggota, serta memberikan pemahaman kepada ibu-ibu bagaimana cara mengolah sampah dan menjadikan sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna, contohnya eco enzyme yang sangat bagus untuk pupuk tanaman.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program DWP Kutim di bidang pendidikan. Harapannya setelah pelatihan ini ibu-ibu dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat ke lingkungan sekitar agar menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman,” singkatnya. (Kopi15/Kopi13/Kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here