Beranda Pemerintahan Kepala Bapenda Kutim Sebut TP2DD Percepat Digitalisasi

Kepala Bapenda Kutim Sebut TP2DD Percepat Digitalisasi

182 views
0

Kepala Bapenda Kutim Syahfur saat pemberian penghargaan kepada para wajib pajak (WP) yang patuh melakukan pelaporan dan pembayaran online. (Fuji Pro Kutim)

SANGATTA- Kepala Badan Pendapatan Daerah Kutai Timur (Bapenda Kutim) Syahfur mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang tertuang dalam SK Bupati Kutim Nomor 970/K.536/2021 tanggal 18 Agustus 2021. Pembentukkan TP2DD Kutim diharapkan dapat berfungsi sebagai “exit strategy” terhadap permasalahan dalam pelaksanaan elektronifikasi selama ini.

“Karena dengan adannya TP2DD akan mempermudah koordinasi berbagai pihak. Sehingga sinergitas pelaksanaan elektronifikasi dapat tercapai. Utamanya dalam rangka percepatan dan perluasan digitalisasi daerah. Khususnya dalam rangka penyediaan kanal pembayaran non tunai bagi masyarakat,” jelas Syahfur saat pemberian penghargaan kepada para wajib pajak (WP) yang patuh melakukan pelaporan dan pembayaran online (daring, red), Kamis (24/11/2022).

Menyukseskan program ini, Bapenda bekerja sama dengan Bankaltimtara Cabang Sangatta telah meluncurkan inovasi channel pembayaran non tunai untuk pembayaran pajak daerah. Meliputi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Parkir, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Sarang Burung Wallet, Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan. Berikutnya Pajak Reklame, Pajak Air Bawah Tanah, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan termasuk untuk Retribusi Daerah.

“Dengan penambahan channel bayar non tunai, untuk pajak daerah dan retribusi menggunakan ‘kode bayar’ dan untuk Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan dengan menggunakan NOP, maka transaksi baru dapat dilakukan,” tambah Syahfur.

Selanjutnya pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah secara non tunai sudah bisa dilakukan melalui channel bayar yang disediakan Bapenda. Yaitu SMS Bankaltimtara, ATM Bankaltimtara, Internet Banking dan Mobile Banking Bankaltimtara, DGQris Bankaltimtara, Aplikasi PayKaltimtara, Virtual Account, QRIS Bank Lain, Indomaret, melalui e-Commercial (DANA, Shopee, LinkAja, Tokopedia, OVO, GoPay).

Berkat inovasi tersebut, pembayaran pajak semakin mudah. Untuk itu Syahfur mewakili Pemkab dan jajarannya mengucapkan terima kasih kepada Bankaltimtara yang telah bersama mendorong dan membantu. Guna mewujudkan penambahan channel pembayaran non tunai. Sehingga memudahkan dan memberi pilihan kepada WP dalam melakukan transaksi pembayaran yang diinginkan. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here