Beranda Kutai Timur Ardiansyah Yakin Sektor Holtikultura Bisa Tekan Inflasi

Ardiansyah Yakin Sektor Holtikultura Bisa Tekan Inflasi

254 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman melakukan penanaman perdana bawang merah bersama kelompok tani di Sangatta Selatan. (Wahyu Pro Kutim) 

SANGATTA – Meski sudah berjalan dan memperlihatkan hasil positif, pengembangan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tak berhenti. Bahkan setelah pertanian padi sawah, perkebunan kelapa sawit dan lainnya, pemerintah juga memberi perhatian pada sektor holtikultura.

Dukungan terhadap sektor ini terlihat saat Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman didampingi Ny Siti Robiah melakukan penanaman perdana bawang merah bersama kelompok tani (poktan)Tani Prima, di Sangatta Selatan, Sabtu (17/12/2022) kemarin. Tak hanya itu, Bupati dan istri juga menyempatkan waktu meninjau tanaman holtikultura milik Poktan Adem Ayem di Sangatta Selatan.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengatakan, dua poktan itu sangat bersemangat untuk menjadikan Kutim, khususnya Sangatta sebagai tempat kemandirian penghasil tanaman bawang. Apalagi berdasarkan informasi para petani bawang, untuk menanam bawang kemudian memanennya tak perlu waktu lama. 

“Hanya sekitar 40 sampai 50 hari itu sudah bisa panen,” terang Ardiansyah. 

Memang beberapa waktu lalu, sambung Ardiansyah, beberapa poktan di Kutim sudah banyak yang menanam dan panen. Namun melihat keseriusan poktan-poktan yang ada, ia meyakini di wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan bisa menjadi sentral bawang merah. 

“Utamanya untuk (kebutuhan) lokal kita di Kutai Timur, semoga saja berhasil. Karena kalau ini berhasil, bisa menjadi agregat menurunkan inflasi kita di Kutim,” tandasnya.

Ardiansyah membeberkan beberapa bahan pangan yang mempengaruhi inflasi yakni bawang, cabai, daging, juga telur. Empat komoditi ini memang sering jadi penyebab inflasi di daerah-daerah tertentu.

“Mudah-mudahan kita dapat menurutkan inflasi melalui ketersediaan pangan yang telah disiapkan petani-petani kita,” harapnya. (kopi7/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini