Beranda Kutai Timur Bupati Kutim Lantik dan Kukuhkan 372 Pejabat

Bupati Kutim Lantik dan Kukuhkan 372 Pejabat

3,975 views
0

Momen saat Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman melantik dan mengukuhkan 372 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setingkat eselon II, Pejabat Administrator dan Pengawas. Pelantikan berlangsung di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna, Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Sangatta. Foto: Fuji Pro Kutim

SANGATTA – Untuk kesekian kalinya peta jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) berubah. Pasalnya, Jumat (27/1/2023) siang, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman melantik dan mengukuhkan 372 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setingkat eselon II, Pejabat Administrator dan Pengawas. Pelantikan berlangsung di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna, Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Sangatta.

Meski dimulai sejak pukul 14.14 WITA, namun prosesi sakral pengambilan sumpah dan jabatan, baru berlangsung mendekati jam empat sore. Lebih dulu dibacakan Surat Keputusan Bupati Kutim Nomor 821.2/043/BKPP-MUT/I/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Pimpinan TInggi Pratama, Administrator dan Pengawas Lingkungan di Lingkungan Pemkab Kutim oleh Staf Protokol lebih dari satu jam lamanya. Pengambilan sumpah dipandu Bupati Kutim dengan menghadirkan para rohaniawan. Proses dimaksud juga turut disaksikan oleh Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi beserta para Asisten Seskab dan para Kepala unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta undangan lainnya.

Diantara para pejabat yang dilantik adalah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hasil seleksi JPT Pratama beberapa waktu lalu. Mereka yang dilantik promosi ke jabatan hasil seleksi yaitu Kepala Dinas Pertanahan Simon Salombe, Kepala Dinas Perhubungan Joko Suripto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mulyono, Direktur Rumah Sakit Umum Kudungga Sangatta Muhammad Yusuf, Kepala Dinas Sosial Ernata Hadi Sujito, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Armin.

Selain itu banyak pula pejabat lain yang dikukuhkan di posisi dan instansi sama namun dengan nomenklatur berbeda menyesuaikan Perda Kelembagaan yang baru disahkan 2022 lalu. Seperti Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Misliansyah dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Pertanian Dyah Ratnaningrum dilantik sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan. Kepala Dinas Perikanan Suriansyah, dulunya Dinas Kelautan dan Perikanan.

Berikutnya penyegaran juga terjadi pada jabatan setingkat eselon III yang disebut pejabat administrator. Diantaranya Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah dimutasi sebagai Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kabupaten, Plt Camat Kongbeng Petrus Ivung menjadi Camat Telen. Perputaran jabatan selevel diantara Kepala Bidang, Kepala Bagian hingga Camat. Ada yang dari kecamatan hijrah ke ibukota kabupaten, ada juga yang dari dinas atau badan ke “Gedung Putih” Sekretariat Kabupaten maupun sebaliknya. Melengkapi prosesi tersebut adalah penandatanganan berita acara oleh Bupati Kutim, Seskab, Asisten serta beberapa pejabat yang baru saja dilantik. Setelah sambutan singkat Bupati, penyampaian ucapan selamat dan foto bersama, kegiatan dimaksud akhirnya berakhir pukul 16.15 WITA. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini