Beranda Entertainment Ditutup Ardiansyah, Pesta Rakyat Rantau Pulung Sukses Sedot Animo Ribuan Massa

Ditutup Ardiansyah, Pesta Rakyat Rantau Pulung Sukses Sedot Animo Ribuan Massa

388 views
0

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman saat menghadiri malam penutupan Pesta Rakyat Rantau Pulung. Foto: Basuki Isnawan Pro Kutim

RANTAU PULUNG – Setelah 9 hari digeber sejak 13 Maret 2023 lalu, akhirnya Pesta Rakyat Rantau Pulung berakhir pada Selasa (21/3/2023) tadi malam. Kegiatan yang sengaja digelar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan ini sanggup menyedot animo ribuan masyarakat. Puncaknya, pada malam penutupan oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman, ribuan massa membanjiri lapangan samping BPU, SP 2, Kecamatan Rantau Pulung.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat tinggi. Artinya Pesta Rakyat Rantau Pulung mampu menyedot perhatian masyarakat yang pada akhirnya ikut mendorong kemajuan ekonomi kerakyatan,” kata Ardiansyah yang masih mengenakan pakaian dinas harian usai kunjungan kerja di Kecamatan Kaubun.

Ardiansyah mengapresiasi pihak Pemerintah Kecamatan Rantau Pulung, panitia, masyarakat, pedagang kaki lima dan pelaku UMKM, pihak keamanan serta para pihak lainnya. Karena telah bersama-sama menyukseskan acara tersebut. Ditambah lagi kegiatan menjadi menarik karena dikombinasikan dengan pelestarian seni dan budaya.

Kesuksesan kegiatan ini tentunya akan terus didukung Pemkab Kutim agar lebih bisa dikembangkan lagi. Sehingga para pelaku UMKM dan masyarakat bisa bersama menggerakkan perekonomian sembari mendapatkan hiburan.

“Kegiatan-kegiatan seperti (Pesta Rakyat) seperti ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelas orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut.

Acara makin semarak karena turut dihadiri Ketua DPRD Kutim H Joni, Wakil Ketua DPRD Kutim H Arfan, Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Basuki Isnawan, Kabag Pemerintahan Trisno, Camat Rantau Pulung Tristiningsih, unsur Muspika serta tokoh masyarakat.

Terpisah Camat Rantau Pulung Tristiningsih menambahkan kegiatan ini menjadi salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Baik yang tergabung dalam UMKM maupun potensi seni budaya di wilayah kecamatan. Bersama Muspika, pihaknya terus mencari peluang agar perputaran ekonomi melalui jual beli, seni budaya sampai pencarian bakat.

“Salah satu usaha pemerintah kecamatan ialah dengan mengadakan pesta rakyat yang dimulai pada 13-21 Maret 2023 ini. Sebagai wadah promosi dan pemasaran produk UMKM. Selain mengangkat potensi yang ada, juga sekaligus menggali bakat generasi muda Rantau Pulung. Melestarikan seni budaya di Kecamatan Rantau Pulung sekaligus promosi  potensi seni budaya heterogen dan seni budaya masyarakat,” ujarnya.

Perlu diketahui, Pesta Rakyat ini diramaikan 12 paguyuban seni budaya dan 40 penampilan dari masyarakat serta pelajar. Untuk menarik pengunjung, pihak panitia mengadakan live music serta mendatangkan sinden Banyuwangi, Ari Bintang Pantura 3, Kiki Bintang Pantura 4. Rencananya kegiatan ini bakal menjadi agenda tahunan. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini