Beranda Kutai Timur Konsisten Bina Koperasi Dan UMKM, Diskop Kutim Juara Satu Se-Kaltim

Konsisten Bina Koperasi Dan UMKM, Diskop Kutim Juara Satu Se-Kaltim

121 views
0

Kepala Diskop UMKM Kutim Darsafani saat menerima piagam penghargaan. Foto: istimewa

SAMARINDA – Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Darsafani baru saja menerima piagam penghargaan atas prestasi OPD yang dipimpinnya ditahbiskan meraih juara pertama kategori pembina koperasi dan UMKM se-Kaltim dari Pemprov Kaltim. Pemberian piagam ini diberikan secara langsung oleh Sekprov Kaltim Sri Wahyuni dalam momen apel peringatan Hari Koperasi Nasional 2023 di Kantor Dinas Perindustrian, perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kaltim, Rabu (12/7/2023) lalu.

Kabar gembira ini pun disambut baik oleh Darsafani. Ia pun bersama timnya di OPD merasa bersyukur karena memang ini menjadi capaian terbaik program yang sudah dijalankan.

“Ya ini hasil kerja keras seluruh staf dan pegawai yang ada di Diskop dan UMKM Kutim karena keberhasilan ini didasarkan pada hasil evaluasi binaan dan penilaian dari Disperindagkop dan UMKM Kaltim dalam program pembinaan terhadap koperasi dan UMKM yang ada di Kutim,” bebernya.

Selanjutnya, pengembangan koperasi dan UMKM di Kutim, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pengembangan seperti memberikan bantuan peralatan, pemberian tunai langsung kepada UMKM, pelatihan serta studi tiru ke daerah-daerah lain yang memiliki potensi pengembangan koperasi dan UMKM. Selain itu kegiatan promosi juga dilakukan untuk mendorong pelaku UMKM di Kutim.

“Tidak hanya itu kita juga melakukan kurasi produk-produk dari UMKM yang akan dipromosikan kepada pembeli atau investor dan akan mengikuti kegiatan pameran expo di Bali,” urainya.

Kemudian, Diskop dan UMKM Kutim juga telah memberikan bantuan rumah produksi dan mesin teknologi kepada beberapa kecamatan di Kutim seperti Muara Ancalong, Muara Bengkal, Karangan dan Muara Wahau. Berikutnya bantuan pengurusan legalitas usaha agar UMKM memiliki perizinan resmi yang diperlukan untuk ekspor. Pada akhir tahun nanti akan diadakan forum diskusi daerah sebagai evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan sepanjang tahun 2023.(kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini