Beranda Celebrity News BAMAG dan PIKI Harus Jadi Perekat Umat, Jaga Toleransi di Kutim

BAMAG dan PIKI Harus Jadi Perekat Umat, Jaga Toleransi di Kutim

69 views
0

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus BAMAG 2023-2028 dan Dewan Pimpinan Cabang PIKI Kutim periode 2024-2029 di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim. (Vian Pro Kutim)

SANGATTA- Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) dan Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Kutai Timur (Kutim) harus menjadi perekat umat.

“Apa pun yang dihasilkan atau diputuskan dalam rapat harus dimusyawarahkan dan disepakati bersama. Musyawarah mufakat adalah keputusan tertinggi,” tegas Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, saat menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus BAMAG 2023-2028 dan Dewan Pimpinan Cabang PIKI Kutim periode 2024-2029 di Ruang Meranti, Kantor Bupati pada Kamis (2/2/2024).

Jadi BAMAG sebagai organisasi antar gereja, menurut Bupati harus menjadi perekat umat. Serta mampu mengayomi seluruh kepentingan organisasi di bawahnya.

Selain itu, Ardiansyah juga mengingatkan seluruh umat kristiani di Kutim untuk senantiasa menjaga kondusivitas daerah. Karena dengan kondisi wilayah aman, damai menjadi modal utama untuk melaksanakan program pembangunan dengan baik dan lancar. Ardiansyah yakin umat kristiani mampu melaksanakan ajaran – ajaran Tuhan yang berisi tentang pesan moral. Untuk selalu menjunjung kebenaran, kebaikan dan menjaga kedamaian.

“Pesan saya, agar seluruh pendeta dan jajaran pengurus BAMAG serta PIKI Kutim memotivasi umat, terus menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kutim. Selamat kepada pengurus yang dilantik hari ini, mari bekerja mengemban amanah dengan baik,” kata Ardiansyah lagi.

Sebelumnya Ketua PIKI Kalimantan Timur (Kaltim) Yulianus Henock Sumual menyebut bahwa PIKI yang berdiri sejak 1963 adalah sebuah organisasi kemasyarakatan berbasis Kristen. Beranggotakan warga dari seluruh lapisan masyarakat serta dengan berbagai latar belakang denominasi gereja.

“Tugas PIKI adalah melakukan riset mendalam kemudian memberikan pemikiran positif (tentang) bagaimana perkembangan kekristenan dan peran gereja di tengah masyarakat serta bangsa. Saya harapkan seluruh pengurus yang dilantik dan dikukuhkan hari ini, menjadi garam serta terang dunia yang menempatkan hukum kasih sebagai landasan terhadap semua pemikiran maupun gagasan dalam kehidupan bermasyarakat,” pesan Henock.

Pengurus BAMAG Kutim periode 2023 – 2028 yang dilantik adalah Ketua Umum Pdt Yesaya Wilson Pelleng, Wakil Ketua I Pdt Bastian Remi Sigarlaki, Wakil Ketua II Pdt Tepanus Igai, Sekretaris Pdt Sadrak Palimbunga, Bendahara Pdt Vingki Riani Palolongan. Sementara pengurus DPC PIKI Kutim periode 2024 -2029 adalah Ketua Dr Roma Malau, Wakil Ketua Pdt Ina Wanrawati dan Hariyanti, Sekretaris Bontor Edison Silitonga sedangkan Bendahara Nani Uminarti. (kopi4/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini