Beranda Kutai Timur Di Long Mesangat, Bupati Launching PKH, KIS dan Rasta – Program Pusat...

Di Long Mesangat, Bupati Launching PKH, KIS dan Rasta – Program Pusat Bantu Warga Kutim

77 views
0

Bupati H Ismunandar Menyerahkan Bantuan kepada warga Long Masengat (foto: Wahyu Humas)

LONG MESANGAT – Saat kunjungan kerja ke Kecamatan Long Mesangat, Bupati H Ismunandar didampingi Wabub H Kasimidi Bulang berserta rombongan tak hanya mengikuti ritual pelepasan Ogoh-ogoh untuk peringatan Hari Raya Nyepi. Namun juga sekaligus Launching Program Keluarga Harapan (PKH), Program Keluarga Indonesia Sehat (KIS), Bansos Berasa Sejahtera (Rasta) untuk masyarakat Long Mesangat. Launching digelar di Halaman Kantor Camat Long Masengat, Rabu (6/3/2019).

Berdasarkan laporan dari dinas sosial (Kutai Timur) Kutim, penerima program tahun ini, khusus Long Mesangat untuk PKH sejumlah 869 kartu, KIS sejumlah 641 kartu dan Rasta 869 Kartu.

Bupati H Ismunandar yang melakukan launching sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis progam mengatakan PKH, KIS dan Rasta saat ini masih sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk itu atas perhatian pemerintah ini, masyarakat wajib bersyukur.

“Kami (Pemkab Kutim) hanya menjalankan sesuai amanah beliau (Presiden Joko Widodo). Melaksanakan instruksi membangun daerah dari pinggiran yakni Program Nawacita,” tutur Ismu.

Diluar itu, Bupati meminta maaf kepada masyarakat apabila program pembangunan infrastruktur belum terlaksana maksimal. Masyarakat diminta bersabar, dia berharap di tahun anggaran selanjutnya, segala program kebutuhan dasar masyarakt dapat dipenuhi secara bertahap. Perusahaan juga diminta untuk terlibat dalam pembangunan. Jika perusahaan tidak terlibat dalam pembangunan, Ismu bahkan menyarankan agar kontrak kerja perusahaan dimaksud tak usah diperpanjang. Terakhir jika ada permasalahan di lapangan, Bupati meminta agar pada saat Coffee Morning pekan pertama, Camat dan Kades bisa menyampaikan aspirasi atau kendala pembangunan.

Camat Long Mesangat, Emmanuel Eng menerangkan Launching ini dilaksanakan sekali saja. Pihak kecamatan bertindak sebagai pengawas distribusi hingga kepada penerima manfaat maupun pendamping. sehingga betul-betul memanfaatkan anggaran yang telah dikeluarkan pemerintah.

“Dalam penyerahan, melibatkan jajaran RT, RW dan Kades agar pengajuan dan penyaluran paket bantuan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu, ” jelasnya.

Emmanuel Eng mengatakan dalam pengajuan data, semua berdasarkan rekomendasi tim di lapangan yakni RT, RW dan Kades. Kemudian diajukan ke Kemensos untuk ditindak lanjuti.

Jumiati dari Desa Tanah Abang Long Masangat sebagai salah seorang penerima bantuan sangat berterima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat serta Pemkab Kutim. Program ini menurutnya selalu tepat sasaran. Untuk itu ia sangat bersyukur, karena program ini dapat meringankan kesusahan warga.

“Mudahan progam ini berlanjut setiap tahunnya dan bisa membantu seluruh kecamatan lain, bukan disini saja,” harap ibu yang menggunakan kerudung hitam. (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here